Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Pengamat Pariwisata: Pelaku UMKM dan Pemerintah Harus Saling Bersinergi

Serang (13/12/2019) SatuBanten.com – Pengamat kepariwisataan, Asih Machfuzhoh menyambut baik penguatan UMKM karena dapat menunjang pariwisata dan salah satu penunjang pengembangan wisata di Kota Serang. Jum’at, (13/12).

Menurutnya ada tiga penunjang pengembangan pariwisata yaitu, yang pertama apa yang dilihat oleh wisatawan, kedua apa yang bisa dilakukan oleh wisatawan, dan yang ketiga apa yang bisa wisatawan beli.

“Ketiga hal tersebut tidak bisa dilepaskan dari keberadaan pariwisata. Sehingga, sinergitas antara UMKM, pelaku pariwisata, dan pemerintah,” ujarnya

Ia menjelaskan semuanya harus saling berkolaborasi. Jangan sampai ada satu diantaranya yang disalahkan.

“Karena harus saling melengkapi untuk membangun wisata, pengelolaan sektor wisata hari ini justru terkesan berjalan sendiri-sendiri, baik dari pelaku UMKM, pariwisata, maupun pemerintah,” pungkasnya

Hal ini menurutnya tidak baik dalam hal pengembangan sektor wisata di Kota Serang. Semua harus saling bersinergi.

“Ditambah wisata di Kota Serang masih belum memiliki nama yang bisa dijual. Kita ini kan belum memiliki pasarnya. Jangan sampai mementingkan ego masing-masing. Bangun dulu jejaring, nama, dan popularitas wisata kita,” tegasnya. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...