Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat : Peningkatan Kreativitas Kerajinan Tangan Di Masa Pandemi Dengan Memanfaatkan Koran Bekas Pada Siswa Kelas 2 Mi-Al Hikmah

 

Oleh : Mia Sulisti/Mahasiswa Universitas Pamulang

 

Satubanten.com- Saat ini seluruh dunia sedang dirundung kesedihan akibat penyebaran virus corona. Virus corona merupakan salah satu jenis virus yang berbahaya dan bisa menular. Virus ini pertama kali timbul di Wuhan, China (Shi, et al., 2020), yang kemudian menyebar ke seluruh dunia (Long, 2020). Dan untuk mencegah virus ini salah satu caranya adalah dengan menjaga jarak (Smith  Freedman, 2020).

Oleh sebab itu, kegiatan di luar rumah saat ini harus dibatasi. Namun dengan dibatasinya kegiatan diluar rumah tersebut juga berarti membatasi ruang kreatif, sehingga menyebabkan penurunan kreativitas terutama bagi anak-anak.

Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, kami dari mahasiswa Universitas Pamulang mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dalam rangka membangun kembali dan juga meningkat kreativitas anak-anak. Dimana, pada kesempatan kali ini kami melaksanakan P(M)kM tersebut pada siswa kelas 2 MI Al-Hikmah Curug, Kec. Gunung Sindur, Kab. Bogor, dengan judul “Peningkatan Kreativitas Kerajinan Tangan di Masa Pandemi dengan Memanfaatkan Koran Bekas Pada Siswa Kelas 2 MI Al-Hikmah”.

Kegiatan PMkM ini diketuai oleh Tika Damayani dengan 3 orang anggotanya, yakni Damayanti, Mia Sulisti dan Wulan Aprillita. Kegiatannya berlangsung pada hari Jumat tanggal 19 November 2021 di Desa Curug RT 01/03 Gunung Sindur, Bogor yang dihadiri oleh wakil kepala sekolah MI AL-HIKMAH yaitu yang terhormat Ibu Tuti S.Pd dan wali kelas IbuYuli Ocbiani S.Pd.

Kegiatan ini dimulai pada jam 07.30 WIB, yang dimulai dengan pembukaan. Dimana, dalam pembukaan yang disampaikan oleh Tika Damayani selaku ketua PmKM, ia menyampaikan tujuan diselenggarakannya acara ini, yakni untuk pemenuhan tugas serta ingin membantu masyarakat guna menyalurkan pengetahuan yang telah didapatkan di kampus kepada siswa kelas 2 MI Al-Hikmah.

Dan juga pada kesempatan tersebut kami memaparkan sedikit tentang judul yang sudah ditulis diatas, yakni bagaimana cara kita membangkitkan semangat untuk bisa selalu berpikir kreatif atau berkreasi, bagaimana cara mengembangkan kreativitas yang dimiliki terutama di masa pandemi ini, serta bagaimana cara memanfaatkan koran bekas
untuk membuat kerajian yang bermanfaat.

Kemudian setelah hal-hal tersebut disampaikan, kami memberikan contoh atau mempraktikan beberapa kerajinan yang bisa dibuat dan bisa bermanfaat dengan menggunakan koran bekas tersebut. Setelah memberikan contoh tersebut, kami kemudian memberikan kesempatan kepada siswa kelas 2 MI Al-Hikmah untuk membuat kerajinan melalui koran bekas tersebut sesuai dengan masing-masing kreativitas mereka.

Hal ini kami lakukan agar mereka bisa mengembangkan kreativitas mereka dan juga merealisasikannya melalui koran bekas tadi. Namun sebelum itu kami membentuk mereka menjadi beberapa kelompok agar lebih memudahkan, tetapi tetap mereka membuatnya sendiri-sendiri.

Dan setelah semua kegiatan tersebut dilakukan, pada akhir acara kami memberikan hampers kepada wakil kepala sekolah dan wali kelas mereka, serta kami juga memberikan snack kepada masing-masing siswa sebagai tanda terimakasih kami karena sudah bersedia untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Dari kegiatan ini, kami sangat berharap anak-anak tetap bisa meningkatkan kreativitas mereka walaupun ruang kreatif mereka terbatasi karena adanya pandemi covid-19. Dan kami juga berharap, melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan bagi siswa mengenai pentingnya peningkatan kreativitas terutama di masa pandemi, dapat menambahkan wawasan serta memberikan referensi kepada siswa mengenai bagaimana cara mengembangkan kreativitas yang dimiliki, dan dapat menjadikan kegiatan ini sebagai referensi siswa untuk bisa membuat berbagai jenis kreasi kerajinan dari barang bekas terutama dari koran bekas. (Sbs11)

You might also like
Comments
Loading...