Penerbangan Domestik Bertahap Dipindah ke Kertajati

Bandung (18/06/2019), Satubanten.com – Pemindahan penerbangan domestik jenis jet rute Pulau Jawa dari Bandara Husein Sastranegara secara bertahap akan dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati. Hal ini dikemukakan oleh menteri Perhubungan Budi Karya dalam keterangan pers Selasa (18/06).

“Jadi totalnya ada 56 pergerakan pesawat yang pindah ke Kertajati yaitu semua pesawat jet dalam negeri,” kata Budi Karya seperti dikutip Katadata.

tindak lanjut pengalihan penerbangan komersial pesawat jenis jet tersebut, Budi mengungkapkan bahwa nantinya per 1 Juli 2019 seluruh penerbangan akan selesai dipindahkan ke Kertajati. Sedangkan Bandara Husein Sastranegara nantinya hanya akan melayani rute domestik dari pulau Jawa dengan pesawat jenis propeller (baling-baling) dan rute Internasional saja.

Rute yang akan dilayani di Bandara Husein Sastranegara ada sekitar 64 p3n3rbangan dengan komposisi 32 take off dan 32 landing. Kontur Bandara Husein Sastranegara yang memiliki landasan pendek, agak cekung, dan banyak penduduknya ini menurut Budi lebih ideal untuk pesawat propeller.

Sekarang itu Bandung banyak permintaan, tetapi tidak bisa penuhi slotnya, dengan begini akan menambah slot di Bandung,” ujarnya.

Rute penerbangan Internasiona ke Bandung sendiri akan terus di pertahankan karena banyak wisatawan yang berminat pergi ke Bandung dengan tujuan wisata. Terutama wisatawan dari Malaysia dan Singapura yang sangat menggemari rute Bandung. Dengan adanya Bandara Kertajati, rute yang selama ini terbatas bisa lebih maksimal.

Dari 56 pernerbangan pesawat jet yang akan pindah dari Bandung ke Kertajati antara lain penerbangan dengan jurusan luar Pulau Jawa seperti ke Banjarmasin, Balikpapan, Batam, Bali, Kualanamu, Lombok, Pekanbaru, Pontianak, Makassar dan lain sebagainya. Beberapa maskapai yang telah menyetujui antara lain Garuda Indonesia, Lion Air, Wings Air, Sriwijaya, Nam dan Citilink.

“Dengan adanya Kertajati maka pergerakan internasional jadi lebih bagus. Kami bagi fungsi-fungsi Bandara Husein dan Kertajati dengan kesepakatan,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...