Peneliti Temukan Nanorobot Pengecil Tumor

Beijing, (15/10/2018) Satubanten.com – Banyaknya angka kematian yang disebabkan oleh tumor maupun kanker membuat para peneliti di dunia medis tiada henti berinovasi dan mengembangkan teknologi maupun obat yang lebih ampuh untuk melawan penyakit mematikan tersebut. Seperti yang dilakukan oleh para Ilmuwan Universitas Negeri Arizona bekerja sama dengan para peneliti dari Pusat Nasional Nanosains dan Teknologi (NCNST) Akademi Ilmu Pengetahuan Cina.

Penelitian terbaru mereka menunjukkan bahwa nanorobot mampu mengecilkan tumor dengan memotong suplai darah dari tumor tersebut. Hao Yan, sang Pemimpin Penelitian mengatakan, nanorobot dibuat dalam bentuk rancangan dan bangunan armada seperti kawanan domba yang tengah digembala. “Nanorobot kemudian akan bertugas mencari dan menghancurkan tumor kanker, sekaligus membiarkan sel sehat agar tidak terluka,” jelas Yan.

Ketika tim peneliti melakukan pengujian pada sampel tikus, nanorobot tersebut berhasil melawan sel kanker payudara, melanoma, ovarium, dan paru-paru. Meskipun uji coba tersebut dilakukan pada tikus, namun peneliti percaya bahwa teknologi tersebut akan berhasil dan bisa berlanjut di masa depan. Karena periset meyakini bahwa setiap pembuluh darah pembawa tumor memiliki dasar yang sama pada setiap mamalia.

Dilansir dari Republika.co.id, menurut sebuah siaran pers tertulis, proyek penelitian ini sudah mulai dikerjakan sejak lima tahun lalu. Awalnya ilmuwan tertarik untuk menggunakan nanocarier berbasis Deoxyribonucleic Acid (DNA) untuk memotong suplai darah ke tumor.

Namun keahlian khusus yang dimiliki Yan mengubah konsep tersebut. Tim peneliti akhirnya menciptakan sistem robot dengan pemrograman penuh, serta bisa menyelesaikan misi secara otomatis. Teknologi terbaru dari tim peneliti dianggap sebagai terobosan mutakhir dalam pengobatan kanker. (SBS/022)

You might also like
Comments
Loading...