Pencurian Motor Marak Jelang Lebaran, Berikut 4 Tips Cara Mencegahnya

Jakarta (27/5/2019) Satubanten.com – Selama bulan Ramadhan dan menjelang Lebaran, kasus pencurian motor kembali marak. Terakhir kamera pengawas CCTV merekam pencurian motor di parkiran Masjid di Jakarta, Minggu (27/5).

Dengan banyaknya pencurian tersebut sebaiknya pemilik kendaraan harus memasang pengaman tambahan mengingat pada kasus pencurian, pelaku tidak saat beraksi tidak membutuhkan waktu yang lama. Bahkan hanya dalam hitungan detik.

Setidaknya, dengan alat tambahan tersebut, bisa mempersulit ruang gerak para pencuri sepeda motor. Berikut beberapa alat tambahan untuk meminimalisir aksi pencurian dikutip otosia.com :

1. Kunci Gembok Motor
Menambahkan alat pengaman lainnya jgua bisa mempersulit pencuri untuk membawa motor yang diinginkan. Tambahan pengaman pada motor berupa gembok yang dipasang pada lubang cakram depan. Gembok khusus cakram banyak ditemukan di penjual aksesoris, hargnya bervariasi dari Rp 25 ribu hingga Rp 75 ribu.

2. Pasang GPS
Pemasangan GPS saatini cukup penting. Terlebih, alatnya sudah termasuk alat pengaman dan pelacak yang bisa terkoneksi dengan ponsel pintar alias smartphone berbasis Android dan iOS dengan aplikasi khusus.

3. Pasang Stiker Tanda Pengenal dan Alarm
Stiker tanda pengenal khas mampu membantu pemilik mengenali motor kesayangannya. Tak lupa tambahkan sistem alarm anti maling pada motor. Sitem alarm ini bisa dipasang di bengkel resmi.

4. Pasang Sistem Keyless Ignition System
Keyless ignition system juga bisa membuat motor jadi lebih aman. Sistem ini akan mendeteksi kunci remote dalam radius 1 meter. Jika terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.

Ketika kunci remote berada di luar radius, maka secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri.

Selain itu, pilih juga alat yang memang bisa menghidupkan dan mematikan mesin motor. Jadi, saat motor sudah diambil pencuri, sebagai pemilik bisa langsung mematikan mesin atau jika benar-benar sudah hilang, kendaraan kesayangan masih bisa dilacak keberadaannya, dan setidaknya membantu polisi untuk mencarinya. Tetap waspada dan berhati-hati. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...