Pencegahan Banjir Harus Lakukan Penanggulangan Bencana Hilir

Serang (17/01/2020) SatuBanten.com – Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang, Diat Hermawan. Menurutnya, bencana seperti banjir dan longsor, dapat selesai apabila persoalan di hulu dapat teratasi. Karena penanggulangan bencana seharusnya tidak hanya dilakukan ketika bencana terjadi (hulu), namun juga harus dilakukan sebelum terjadi (hilir). Atau lebih tepatnya pencegahan bencana.

Sebab, jika abai terhadap persoalan penanggulangan di hulu, maka anggaran pemerintah hanya akan habis untuk menghadapi bencana, yang seharusnya dapat dicegah.

“Misalkan longsor kemarin, persoalan hulunya itu ya gundulnya bukit dan gunung. Atau banjir persoalan hulunya itu ya sedimentasi aliran sungai,” ujarnya

Oleh karena itu, baik masyarakat maupun pemerintah saat ini harus mulai melirik persoalan di hulu. Sehingga, bencana-bencana yang terjadi karena ulah manusia dapat diminimalisir.

“Yang perlu diingat, ini merupakan perkataan dari pimpinan BNPB. Apabila kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita. Berlaku sebaliknya, apabila kita merusak alam, maka alam lah yang akan merusak kita,” tuturnya.

Dengan begitu, Diat yakin bahwa negara tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar, untuk menanggulangi bencana seperti banjir dan longsor.

“Bahkan, kalau bencana seperti Tsunami dan gempa bumi tidak dihitung, mungkin BPBD tidak lagi diperlukan. Karena kita sudah menjaga alam, persoalan di hulu sudah selesai. Maka kita yang ada di hilir, akan aman,” tandasnya. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...