Pemulung Carita Mengais Rezeki dari Limbah

Carita, (26/06/2018) satubanten – Banyak cara bagi manusia untuk mendapatkan uang, bisa dengan cara jadi pekerja/PNS/ASN, wiraswasta, pedagang, buruh, sopir, ngojeg dan penarik becak. Yang penting ada kemauan dan ketekunan tergantung pekerjaan masing-masing.

Bahkan dengan adanya libur panjang Lebaran, dimana para wisatawan memenuhi kawasan lokasi pantai Carita, banyak dimanfaatkan sebagian para pedagang dan pemulung untuk mengais rezeki. Hal ini juga yang dilakukan sebagian para pemulung asal wilayah Labuan Kabupaten Pandeglang, dimana mereka rela menginap selama libur panjang Lebaran di kawasan pantai Carita.

Sementara itu, Emus salah satu pemulung asal Labuan menuturkan ke satubanten, bahwa selama tiga tahun dia menekuni pekerjaan sebagai pemulung, sebelumnya jadi buruh bangunan di Jakarta. “Udah tiga tahun saya kerja sebagai pemulung, tadinya jadi buruh bangunan di Jakarta,” katanya.

Lanjut Emus, pendapatan paling besar jadi pemulung pada saat libur panjang, seperti Lebaran dan tahun baru. Sebab para wisatawan banyak yang berlibur ke pantai Carita, jadi sampah atau limbah sisa minuman dari botol dan gelas plastik menjadikan berkah/penghasilan buat pemulung. “Penghasilan paling gede kalo liburan bgni, soalnya banyak botol dan gelas plastik sisa para pengunjung,” tuturnya.

Emus menambahkan, kalau Lebaran biasanya pemulung sampai seminggu menginap dilokasi pantai. “Kalo leberan biasanya saya sampai seminggu dilokasi pantai tapi kalo tahun baru cuma empat hari aja. Terus kita mendirikan tenda untuk nginep sekalian menyimpan barang,” tutupnya.

Hal lain dikatakan Ati salah satu istri pemulung, bahwa hasil menjual limbah bekas minuman kemasan dari botol dan gelas plastik pada liburan Lebaran tahun 2017 Rp 1.500.000, sedangkan untuk hasil yang sekarang belum di jual diperkirakan hasilnya lebih banyak dari tahun lalu. “Tahun kemaren hasil dari ngejual botol dan gelas plastik totalnya satu juta lima ratus, mudah-mudahan tahun ini lebih banyak dari sebelumnya,” pungkasnya. (Isum/Sbs10)

You might also like
Comments
Loading...