Pemudik Penuhi Pelabuhan Merak – Bakauheni Saat Idul Adha

Merak, Satubanten.com – Hari Raya Idul Adha 2020, kondisi Pelabuhan Merak, Banten dipadati pemudik. Penumpang yang berjalan kaki maupun kendaraan pribadi sudah mulai terlihat ramai lalu lalang masuk ke kapal sejak Kamis malam (30/7) hingga dini hari tadi. Kendaraan pribadi memenuhi kantong-kantong parkir tiap dermaga di Pelabuhan Merak.

“Kalau melihat data dari tahun sebelumnya ada peningkatan kalau tidak salah kurang lebih ada 19,1 persen,” ujar General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy kepada wartawan di Merak, Kamis (30/7/2020).

Meski sudah mengalami peningkatan, pihaknya mengatakan bahwa malam tadi puncak arus mudik Idul Adha. Para penumpang yang memadati pelabuhan malam tadi menurut data mereka yang akan mudik ke Sumatera.

“Kalau lihat volume kendaraan ada peningkatan,” ujarnya.

PT ASDP mempersiapkan 68 kapal dan 6 dermaga untuk mengangkut pemudik tujuan Sumatera. Namun, per harinya PT ASDP mengopersikan 27-29 kapal.

Sementara itu, jumlah pemudik melalui Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Merak Banten pada satu hari menjelang Iduladha 1441 Hijriah /2020 Masehi sebanyak 10.645 orang.

Berdasarkan data posko di PT Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat (31/7/2020), menunjukkan jumlah penumpang tersebut terdiri atas penumpang pejalan kaki 999 orang dan di atas kendaraan sebanyak 9.655 orang.

Sementara, jumlah kendaraan yang diangkut oleh kapal feri sebanyak 2.612 unit, dengan rincian kendaraan roda empat 1.373 unit, bus 60 unit, truk 763 unit dan sepeda motor 416 unit.

Pemudik dari Pulau Jawa menuju Lampung dan sekitarnya sudah terlihat sejak tiga hari menjelang Idul Adha 2020.

Mereka menggunakan mobil dan sepeda motor melintasi jalan lintas Sumatra menuju tempat tujuan. Sejumlah kendaraan lainnya melintas Jalan Tol Trans Sumatra ruas Bakauheni-Terbanggi Besar-Palembang. (SBN)

You might also like
Comments
Loading...