Pemkot Serang Terima Hibah 4 Mobil Damkar Dari Korsel

Serang (27/9/2019) satubanten.com – Pemkot Serang melalui Kementrian Dalam negeri menerima hibah empat unit mobil ambulance dan dua unit mobil pemadam kebakaran dari Pemerintah Provinsi Gyeonggi Korea Selatan (Korsel) yang secara simbolis diterima langsung oleh Wali Kota Serang Syafrudin diruang kerjanya.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Sarana Prasarana dan Informasi Kebakaran Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kemendagri Evan Nursetyahadi mengatakan, pemberian hibah ini merupakan pembinaan terhadap Damkar di Indonesia.

“Kedatangan kami disini (Pemkot) untuk mengkoordinir supaya bantuan hibah ini bisa sampai ke pemerintah daerah melalui prosedur. Salah satunya adalah mengajukan permohonan melalui kami (Kemendagri). Ini juga salah satu bentuk pembinaan Damkar yang ada di Indonesia,” ujarnya kepada wartawan, (26/9).

Kota Serang dipilih, kata dia, karena masuk salah satu daerah yang sarana dan prasarananya sangat terbatas. Atas kondisi itu, pihaknya yang bekerjasama dengan Damkar Korsel memberikan hibahnya.

Kepala Bidang Sarana Prasarana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penaggulangan Bencana Provinsi Gyeonggi Korea Selatan Park Seung Ju menuturkan, bantuan hibah mobil Damkar ini baru pertama kali dilakukan oleh pemerintah Korsel ke Indonesia. Ada empat daerah yang mendapat bantuan ini, yakni Sumbawa, Tasikmalaya, Kabupaten Somasir dan Kota Serang.

“Saya mendengar untuk Kota Serang sendiri masih sangat kekurangan fasilitas dan sarana serta prasarana pemadam kebakaran. Atas dasar itulah kami, dari Korea Selatan, khususnya Provinsi Gyeonggi memiliki kemauan untuk membantu dan memberikan bantuan berupa ambulance dan mobil pemadam kebakaran,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, kedepan apabila ada kerjasama untuk tahun berikutnya, pihaknya akan memberikan pelatihan petugas Damkar.

Wali Kota Serang Syafrudin menyambut baik bantuan tersebut, walaupun bantuan hibah tersebut akan diterima pada tahun 2020, Ia berharap kinerja Damkar Kota Serang dapat lebih baik. Sebelumnya, Pemkot Serang telah berkirim surat tiga hari sebelum kunjungan untuk meminta bantuan sarpras. Sebab, masih banyak kekurangan dan fasilitas yang belum memadai yang dimiliki Damkar.

“Selain kunjungan untuk pemberian bantuan, mereka juga ingin mengetahui kondisi Kota Serang. mulai dari sisi budayanya, sosial dan kuliner. Mereka juga akan memberikan pelatihan bagaimana cara mengoperasikan mobil bantuan tersebut,” ucapnya. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...