Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Pemkot Serang Jadikan Gedung Juang 45 Sebagai Perpustakaan, Benarkah?

Serang (08/01/2020) SatuBanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang gencar percantik dan perbaikan baik dari fasilitas, bangunan hingga hiasan taman kota demi kemajuan Kota Serang. Tahun ini Walikota Serang Syafrudin, akan menjadikan Gedung Juang 45 sebagai perpustakaan, sekaligus tempat wisata bersejarah.

Adapun hal pertama yang dilakukan yaitu merevitalisasi bangunan gedung, karena selama ini kondisi bangunan terkesan berantakan dan tidak terurus.

“Dengan adanya revitalisasi Gedung Juang 45, bukan berarti pemkot akan membongkar gedung. Namun, memperbarui bangunan gedung beserta fasilitasnya. Oleh karena itu, tahun ini pemkot akan melakukan perbaikan gedung secara keseluruhan namun tidak menghilangkan ciri khas bangunan,” ujarnya

Menurutnya gedung tersebut memiliki nilai sejarah, dan cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata sejarah. Selain itu juga pihaknya akan memindahkan Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi yang bersebelahan dengan Gedung Juang.

“Sebab, Gedung Juang merupakan bangunan yang tidak boleh diubah dari bentuk aslinya, sehingga bangunan sekolah TK tersebut harus dipindahkan,” pungkasnya.

Ditanyai soal Pedagang Kaki Lima, Syafrudin mempertegas akan segera ditertibkan, “Apalagi PKL yang berada di halaman Gedung Juang, itu nanti akan kami tertibkan dan dipindahkan juga,” katanya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kota Serang, Wahyu Nurjamil menjelaskan, untuk pembangunan Gedung Juang, monumen perjuangan dan konten didalamnya sekitar Rp3 Miliar. Kemudian, anggaran pembangunan gedung dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Serang sebesar Rp1 Miliar.

“Sedangkan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) sebesar Rp 500 juta, jadi total keseluruhan sekitar Rp4,5 miliar,” katanya.

Terkait konsep pembangunan gedung, ia menjelaskan, dibangun seperti bangunan awal. Sebab, Gedung Juang merupakan benda cagar budaya, sehingga bentuk bangunan tidak boleh diubah bentuk. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...