Pemkot Cilegon Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia

Cilegon (19/12/14), satubanten.com – Pemkot Cilegon serius dalam melaksanakan program revitalisasi dan pembangunan hutan kota. Setidaknya, hal itu tampak dari adanya hutan kota dan pembangunan ruang terbuka (RTH) di kecamatan, kerjasama penghijauan dengan sejumlah industry seperti PT Chandra Asri Petrochemical, Tbk serta lainnya. Selain itu, Pemkot Cilegon memalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) juga gencar melakukan penanaman ribuan pohon , seperti yang dilakukan di jalur Lingkar SEalatan (JLS) rabu, (17/12).

Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi menuturkan, Pemkot Cilegon akan terus berupaya menciptakan lingkungan kota yang sehat dan memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat cilegon.” Sejak beberapa waktu terakhir ini, Pemerintah terus berupaya dan mendorong terciptanya ruang terbuka hijau,” ujar Iman saat memberikan sambutan pada acara Peringatan Hari menanam pohon Indonesia di JLS, Rabu (17/12).

Iman menjelaskan, hutan kota & RTH memiliki manfaat besar bagi lingkungan dan ekosistem di Cilegon, Kota cilegon ini termasuk Kota Industri yang menyumbang emisi karbon cukup tinggi.” Tentu kita berharap, RTH ini nantinya mempu mengurangi jumlah emisi karbon yang setiap tahunya semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan industry di Kota Cilegon. Karena itu, RTH akan dibangun disetiap kecamatan,” tuturnya.

Selanjutnya Iman mengatakan, hutan kota yang merupakan bagian dari program pembangunan RTH dipandang sebagai solusi terbaik dalam mengurangi emisi karbon di lingkungan industry dan perkotaan.” HUtan Kota memiliki fungsi sebagai media membantu peresapan air permukaan tanah, memperbaiki & menjaga keseimbangan lingkungan fisik kota , mendukung pelestarian keanekaragaman hayati,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BLH Kota Cilegon Epud Saefudin mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus melakukan upaya penghijauan, baik melalui kegiatan penanaman pohon di sepanjang jalur jalan maupun dibeberapa titik yang diproyeksikan menjadi hutan kota. “ kami sudah melakukan penanaman ribuan pohon, terutama di atas lahan kritis seluas 45 hekter. Langkah serupa akan terus kami lakukan sebagaimana arahan Pak Walikota (Tb Iman Ariyadi),” katanya.

Terkait acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia, Epud berharap bahwa kegiatan tersebut bisa menjadi sarana edukasi bagi masyarakat agar partisipasi dalam melakukan penghijauan meningkat.” Menjaga alam adan lingkungan hijau ini adalah tanggungjawab bersama, pemerintah dan masyarakat,” kata Epud seraya menambahkan, sejumlah kalangan industri sudah ada yang tertarik untuk membangun taman kota pada 2015 nanti, diantaranya PT Indonesia Power.” Pohon yang ditanam untuk hutan kota dan atau disepanjang JLS ituy merupakan pohon jenis mahoni, asem jawa dan sejenisnya,” tuturnya.(B14)

 

 

You might also like
Comments
Loading...