Pemkot Cilegon Akan Bangun Panti Rehabilitasi Terpadu

Cilegon (8/12/14), Satubanten.com – Pemerintah kota Cilegon  berencana membangun Panti Rehabilitasi Terpadu tepatnya di Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Banten.

Panti rehabilitasi yang direncanakan akan mampu menampung dan membina ribuan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kota Cilegon. Selama ini PMKS masih berkeliaran di seputaran Kota Cilegon karena ketidak sediaan tempat rehabilitasi.

“Anggaran untuk tahun ini mencapai 2 miliar dan untuk tahun depan di 2015, juga dianggarkan sebesar Rp 2 miliar. Untuk total anggaran yang diperlukan sebesar Rp. 49 miliar,” kata Muhammad Sudaryo, Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Cilegon, Minggu (7/12).

Sudaryo mengungkapkan, pembangunan panti rehabilitasi tersebut tidak sekaligus di bangun namun dilakukan melalui beberapa tahapan dari dana anggaran yang tersedia.” Ini baru tahap awal, pembangunannya dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Panti PMKS itu, akan digunakan untuk membina anak jalanan, gelandangan dan pengemis (gepeng), waria serta wanita tuna susila yang dapat menampung hingga kapasitas ribuan jiwa di atas tanah seluas 1, 5 hekter.” Kurang lebih dapat menampung sampai 5.000 jiwa penyandang masalah social. Seperti anak jalanan, gepeng, wanita tuna susila, dan lainnya,” ungkapnya.

Walaupun baru dibangun secara bertahap, lanjutnya, namun panti ini diharapkan sudah dapat mulai beroperasi akhir 2015 mendatang. Sebab, penanganan permasalahan social di Kota Industri ini kian memperihatinkan.” Harapan kami, akhir tahun 2015 sudah selesai dan dapat digunakan paling tidak memanfaatkan bangunan yang dibangun secara bertahap,”pungkasnya.

Selanjutnya, kata Sudaryo, sudah disesuaikan dengan kapasitas dari bangunan panti yang dibangun dimana telah disesuaikan dengan data keseluruhan penyandang masalah sosial yang tercatat di Dinsos Kota Cilegon.

“Kami sudah melakukan pendataan untuk penyandang masalah sosial ini. Saat ini populasinya 5.204 jiwa. Jadi daya tampung panti ini kami sesuaikan dengan data itu,” tuturnya. (B14)

You might also like
Comments
Loading...