Pemkab Serang Gandeng Dua Marketplace Guna Mendorong UMKM

Serang (22/10/2019) SatuBanten. News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang terus mendorong penetrasi pasar produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada era industri digital. Salah satunya dengan melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan dua marketplace terkemuka di Indonesia, yakni Bukalapak.com dan Belanja.com.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menjelaskan, kerjasama dengan marketplace program utama dalam pemberdayaan dan pengembangan UMKM. Ia yakin, dengan penjualan sistem online (e-commerce), kemajuan ekonomi rakyat akan semakin pesat. ”Jangkauan pemasaran produk UMKM jadi lebih luas,” ujar Tatu pada Gebyar UMKM di Lapangan Tenis Indoor Pemkab Serang. Selasa (22/10).

Pemkab Serang terus mendorong kemajuan UMKM. Dari sisi permodalan, Tatu telah melakukan skema kerja sama antara BPR Serang atau Bank Serang dengan PT Jamkrida Banten dan Diskoperindag Kabupaten Serang. Kemudian dari sisi pemasaran, telah difasilitasi melalui Gerai Due Kite dan pasar online berbasis website. “Kami juga mematenkan produk UMKM melalui legalitas yang kuat,” ujarnya.

Ia berharap, dinas terkait terus memantau pelaku UMKM di Kabupaten Serang untuk meningkatkan kualitas produk dan konsisten dalam melakukan produksi. “Kami juga meminta pelaku UMKM untuk konsisten dan semangat untuk meningkatkan kualitas produknya,” imbuhnya.

Sementara Kepala Diskoperindag Kabupaten Serang Abdul Wahid mengatakan, Gebyar UMKM bertujuan mengapresiasi kinerja pelaku UMKM yang sudah mengalami kemajuan dengan baik. “Kami terus memberikan fasilitasi, mulai dari sisi modal, produksi, legalitas, dan pemasaran. Kami juga melihat begitu tinggi semangat para pelaku UMKM di Kabupaten Serang,” ujarnya. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...