Pemerintah Tetapkan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Turun 16 Persen

Jakarta (14/5/2019) Satubanten.com – Setelah sekian lama mendapat keluhan masyarakat terkait tingginya harga tiket pesawat, Pemerintah akhirnya menetapkan tarif batas atas tiket pesawat turun 12 persen hingga 16 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, mengatakan penurunan sebesar 12 persen ini diperutukan untuk rute-rute gemuk seperti rute-rute di daerah Jawa sedangkan penurunan lainnya dilakukan pada rute-rute seperti rute penerbangan ke Jayapura.

“Hal ini dilakukan pemerintah, bukan hanya memerhatikan pihak maskapai, tetapi juga konsumen sebagai masyarakat,” ucap Darmin di Jakarta, Senin (13/5).

Darmin menegaskan, Kementerian/Lembaga dan Badan Usaha terkait harus terus bersinergi untuk terus mendukung evaluasi industri penerbangan nasional secara berkala sehingga potensi masalah atau isu dapat senantiasa diidentifikasi lebih awal.

“Dengan demikian, kondisi industri penerbangan, khususnya pada pelayanan penumpang udara, dapat berjalan dengan lebih baik dan stabil,” jelasnya.

Salah stu tingginya tarif pesawat dalam negeri adalah kenaikan harga bahan bakar pesawat terbang (avtur) yang menyentuh USD 86,29 per barel, atau tertinggi sejak Desember 2014. Hal ini yang dijadikan pihak maskapai penerbangan untuk menaikan tarif guna mengurangi beban operasional perusahaan maskapai penerbangan. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...