Pemerintah Lanjutkan Perbaikan Infrastruktur di Kawasan Strategis Pariwisata

Jakarta, Satubanten.com – Pada masa pandemi COVID-19, Pemerintah terus berupaya melanjutkan pembangunan infrastruktur, khususnya di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Bahkan, untuk tahun ini, anggaran yang dikucurkan mencapai Rp402,56 miliar.

KSPN yang dimaksud itu terdiri dari yang super prioritas, yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado – Likupang, serta KSPN unggulan prioritas seperti Morotai di Maluku Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Tanjung Lesung di Banten, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan total anggaran itu dialokasikan melalui Direktorat Jenderal Bina Marga untuk kegiatan peningkatan konektivitas ke daerah-daerah tersebut.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Basuki dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Satubanten, Senin, 13 Juli 2020.

Lima KSPN unggulan tersebut merupakan bagian dari 10 Bali Baru yang dikembangkan Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Dengan terbangunnya infrastruktur pendukung KSPN, Basuki berharap akan meningkatkan produktivitas sektor pariwisata menjadi sektor andalan untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal, terutama di tengah masa tekanan ekonomi akibat pandemi.

“Ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi mantap akan meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata setempat dan memudahkan wisatawan mencapai lokasi wisata,” ucapnya. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...