Pemerintah Indonesia Larang Boeing 737 Max 8 Terbang Permanen

Serang (14/3/2019) Satubanten.com – Pemerintah dalam hal ini Kementrian perhubungan mengambil langkah tegas dengan menetapkan pelarangan permanen untuk pesawat Boeing 737 Max 8 terbang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Sebelumnya hanya memberikan jangka waktu satu minggu larangan terbang untuk keperluan pemeriksaan.

Selain Indonesia, larangan terbang Boeing 737 Max 8 juga terjadi di 5 negara termasuk dilakukan otoritas penerbangan Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA).

“Ban (larangan) permanen sampai ada suatu arahan internasional. Pagi ini FAA sudah melakukan ban terhadap boeing. Kita bukan seminggu lagi, sudah permanen,” ujarnya dilansir Merdeka di Bandara Depati Amir, Bangka Belitung, Kamis (14/3).

Menteri Budi menjelaskan saat ini pemerintah masih melakukan pengecekan terhadap Boeing 737 Max 8 yang terdapat di Indonesia. Pemerintah akan memanggil Boeing untuk diminta pemeriksaan jika tim perhubungan udara menemukan permasalahan di mesin pesawat.

Keputusan pelarangan selamanya, menurutnya, dimungkinkan tentu setelah pemerintah mengkaji penjelasan dari pihak Boeing.

” Tentunya kita komunikasi. Kalau kita menemukan sesuatu, kita harus memberikan kesempatan boeing untuk menjelaskan. Jadi tidak langsung.” imbuhnya

Sebelumnya, Boeing telah melarang operasional pesawat 737 Max setelah penyelidik menemukan bukti baru di lokasi kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines. Perusahaan pesawat AS mengatakan akan menangguhkan semua 371 pesawat. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...