Pemerintah Banten Kuatkan Semangat Koperasi Dalam Perayaan Hari Koperasi Nasional Ke-72

Serang (25/07/2019), Satubanten.com – Pemerintah Provinsi Banten menggelar acara puncak perayaan Hari Koperasi Nasional ke-72, Selasa (25/07) di Kawasan Situs Kesultanan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang. Perayaan tersebut dimeriahkan dengan penganugerahan berbagai lomba dan doorprize serta jalan sehat bersama.

Gubernur Banten Wahidin Halim turut hadir didampingi Walikota Serang Syafrudin, Bupati Serang sekaligus Ketua Dekopin Banten Ratu Tatu Chasanah. Acara dengan tema ‘Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0’ juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Banten Tabrani, Kepala OPD, perwakilan BI, BUMN, BUMD serta pelaku koperasi dan UMKM serta masyarakat umum dari berbagai kalangan dan usia.

Dalam sambutannya,  Wahidin Halim (WH) mengatakan bahwa koperasi merupakan dasar utama atau soko guru perekonomian Indonesia. Namun dalam perkembangannya, koperasi tersaingi oleh sistem ekonomi yang lebih muthakhir dan marak dipraktekkan. Upaya merstrukturisasi koperasi dengan kaum intelektual juga telah dilakukan, namun belum bisa mendominasi dari sistem yang lebih canggih.

“Dulu pernah itu manajer – manajernyaitu ditempatkan para sarjana untuk menjadi manajer koperasi. Tapi ini juga akhirnya dikalahkan juga dengan sistem ekonomi yang lebih modern. Jadi di satu pihak kita prihatin, tapi di lain pihak saya memiliki harapan2 baru,” kata Wahidin Halim.

WH mengatakan bahwa ada peluang besar yang masih bisa ditangkap oleh pelaku koperasi saat ini, di tengah persaingan pasar yang semakin bebas. Kuncinya menurut WH adalah energi baru dan trik baru dalam menghadapi persaingan pasar di era Revolusi Industri 4.0 ini.

“Untuk kulit tangkil saja sekarang dibutuhkan 1 kontainer untuk di ekspor. Jadi kalau tumbuh dan berkembang lalu mati itu saya kira persoalan yang terjadi dimana-mana apalagi sekarang revolusi industri 4.0 ini, kita butuh energi untuk bisa bersaing,” imbuhnya.

BACA JUGA : Gubernur Banten Hadiri Peringatan Hari Koperasi Nasional Ke-72 Tingkat Provinsi Banten 2019

Sementara itu, Ketua Dekopin Provinsi Banten sekaligus Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan bahwa faktor terpenting dalam mempertahankan koperasi agar tetap berkembang dan makin maju adalah kesatuan semangat.

“Dengan semangat yang ada Saya sangat meyakini bahwa kemajuan demi kemajuan pasti akan dapat kita raih. Selain itu kita juga harus mempunyai semangat yang sama bahwa sekarang di era digital dan globalisasi ini kita tidak bisa tertinggal, kita mau tidak mau harus masuk di dalamnya,” kata Tatu.

Ikut aktif dalam arus era digital saat ini menurut Tatu penting dilakukan karena produk yang saat ini ada, akan sangat tertinggal jika terus dijalankan dengan pola manual. Oleh karena itu penting adany digitalisasi pola pemasaran dan pengelolaan koperasi. Selain itu ia juga menegaskan pentingnya kolaborasi dengan kaum muda.

“Produk-produk yang ada saat ini jika kita jalankan secara manual itu kita akan tertinggal. Oleh karena itu generasi-generasi muda juga harus kita ajak untuk masuk ke dunia koperasi. Kita semua harus bergerak bersama-sama. Karena kemajuan memang tidak ada yang diperoleh melalui pemberian, kemajuan itu adalah perjuangan,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...