Pekan Kedua Ramadhan, CFD Cilegon Masih Sepi Pengunjung

Cilegon (19/05/2019), Satubanten.com – Memasuki pekan kedua Ramadhan Car Free Day (CFD) Cilegon masih sepi pengunjung. Pasalnya banyak pedagang makanan yang libur dagang karena hari Ramadhan. Menurut Lilik salah seorang pedagang, kondisi semacam ini memang kerap terjadi di tiap memasuki Ramadhan.

“Kalau kondisi kayak gini sih biasnya kalau masih awal Ramadhan ya sepi begini, mas. Cuman kalau sampai minggu kedua kayak gini biasanya udah agak rame,” tutur Lilik.

Jika di hari-hari biasa, Lilik menjual sosis bakar dan minuman es. Namun di saat Ramadhan semacam ini dia beralih menjajakan baju dan mainan serta makanan beku (frozen food). Makanan semacam ini, menurutnya memang cukup praktis dan tetap bisa dibeli dan dikonsumsi saat buka.

“Kalau makanan kayak gini biasanya orang-orang itu beli buat buka nanti. Beberapa juga kalau beli biasanya kan bisa juga dimasak buat sahur. Atau biasanya kan bisa juga buat oleh-oleh ke sanak-saudara,” imbuh Lilik.

Kondisi sepi semacam ini menyebabkan banyak pedangan mengalami pengurangan pendapatan. Mama Sefi salah satu penjual gado-gado yang kini beralih berjualan bermacam kerudung mengaku perlu putar otak untuk mengakali kondisi ini.

“Kalau disini pas puasa kayak gini kan kita nggak bisa jualan makanan. Paling ya jualannya baju-baju gini, untuk gado-gado sekarang libur dulu di CFDnya. Paling jualan Gado-gadonya dikebut nanti sore di rumah pas udah buka puasa,” kaka Mama Sefi.

Sementara itu di pekan kedua ini beberapa penjual busana muslim mengaku mulai ramai pengunjung. Johan salah satu penjual busana muslim-muslimah mengaku dagangannya lebih ramai di pekan kedua ini.

“Kalau ini udah lumayan, mas. Kalau kemarin minggu pertama mah sepi banget. Yang jualan makanan malah itu nggak pada jualan. Makanya standnya banyak yang kosong juga kan. Kalau di minggu kedua ini sih lumayan, kemungkinan nanti bakalan rame lagi menjelang akhir bulan ya. Kan THR usah pada cair tuh biasanya pada belanja banyak,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...