Peduli Generasi Penerus, UIN SMH Banten Gelar Penyuluhan PAH dan TBM

Serang (11/11/2019) SatuBanten. News – Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten mengadakan acara “Penyuluhan Pemanenan Air Hujan dan Launching Taman Baca Masyarakat Sungai Ciujung” di Kp. Kaserangan Gede, Desa Kaserangan, Kec Pontang – Kab Serang. Senin, (11/11).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Satker Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian beserta jajarannya, Ketua Jurusan (KAJUR) Pengembangan Masyarakat Islam beserta jajarannya, Ikatan Pemuda Pemudi Kaserangan, perwakilan Desa Kaserangan, perwakilan dari Balhi Foundation, warga Desa Kaserangan, Gerakan Mahasiswa Serang Utara (GAMSUT) dan undangan lainnya.

Acara dimulai dengan pembukaan dilanjut sambutan-sambutan sekaligus peresmian Taman Baca Masyarakat (TBM) Sungai Ciujung oleh Tanto Sugiharto selaku PPK OP I Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau Ciujung Cidurian.

Menurut Siti Nurjajilah selaku Sekertaris Kelompok Praktek Profesi Lapangan (PPL), “Alasan kenapa memilih tempat disini karena tempatnya sangat strategis, berdekatan dengan TK, taman dan sungai. Sesuai dengan PPL kita di Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dan kita juga memberi pemahaman kepada warga sekitar untuk dapat menjaga kebersihan disekitar sungai agar tidak membuang sampah sembarangan” ujar Jilah.

Ditempat yang sama juga diadakan Penyuluhan Pemanenan Air Hujan (PAH) dan manfaat dari penanaman Biopori. Tanto menjelaskan tentang proses, fungsi, antisipasi dan pemeliharaan PAH Dan manfaat Biopori.

“PAH ini fungsinya untuk menampung air hujan ke dalam toren agar tidak langsung ke tanah. Toren ini hanya sebagai sarana penampung air hujan saja, selain toren bisa juga memakai bak, tong. PAH ini bisa berfungsi sebagai air wudhu, menyiram tanaman dan juga untuk hidroponik dan adapun fungsi dari penanaman Biopori untuk mencegah terjadinya banjir” jelas Tanto.

Diakhir acara Kasatker mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten yang sedang PPL dan bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS).

“Terima kasih kepada mahasiswa UIN yang telah peduli terhadap generasi penerus dengan membuat TBM dan PAH untuk warga sekitar. Saya berharap kita bisa bekerja sama dalam program lainnya dan saya juga berharap apa yang sudah ada agar dijaga dan dirawat,” tutup Kasatker. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...