Pedagang Kartu Internet Keluhkan Omzet Yang Kian Menurun

Serang, (31/07/2018) Satubanten.com – Sejumlah pedagang kuota data internet yang biasa mangkal di Jl. Veteran kawasan Islamic Center Kota Serang mengeluhkan sulitnya registrasi kartu perdana internet. Bahkan saat ini pendapatannya sangat menipis.

Bani salah satu penjual kartu perdana kuota data internet yang biasa mangkal dipinggir jalan di Jl. Kota Baru, tepatnya di depan Museum Banten bersebrangan dengan Kantor Pemerintahan Kabupaten Serang (Pendopo Bupati). Dia mengatakan sejak dikeluarkannya peraturan yang mengatur satu identitas hanya dapat memakai dua kartu perdana.

“Sekarang pendapatan minim, sejak ada peraturan itu yang satu identitas cuma bisa pake dua kartu perdana,” katanya. Padahal sebelumnya, bisnis kuota data tersebut menurutnya cukup menjanjikan. Dengan modal kecil sudah bisa membuka usaha, walaupun hanya dipinggir jalan dengan banner kecil dan satu kotak kartu data. Setidaknya dia sudah memiliki usaha.

“Modalnya nggak banyak juga, jadi saya coba untuk jualan kartu perdana. Ditambah modal saya sangat terbatas, tapi pas ada peraturan itu akhirnya pelanggan mulai sepi,” ujar Bani saat ditemui di lapak jualannya.

Hal serupa juga dirasakan oleh Anggi, seorang mahasiswa yang juga berjualan kartu perdana kuota di sekitar Alun-alun Kota Serang. “Sekarang udah agak susah jualnya, lebih banyak yang pilih beli paket dibandingkan beli kartu,” ucapnya.

Sebelumnya, Anggi melanjutkan, penjualan kartu data internet sangat diminati banyak orang, terutama kalangan anak muda, termasuk teman-teman kuliahnya. Namun, sejak dikeluarkannya peraturan tersebut pendapatannya turun drastis.

“Lagi awal-awal bisa buat bayar kost sama uang jajan, tapi sekarang buat bayar kost aja kadang gak nyampe. Karena kan hasilnya harus diputer lagi,” katanya.

Kuota data internet kini sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup sehari-hari bagi sebagian masyarakat, terutama dikalangan anak-anak remaja hingga dewasa. Di era yang serba digital ini kita dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan zaman dengan berbagai teknologi canggih.

Ia juga mengatakan jika harga kartu masih sama, bahkan ada juga yang lebih murah dari harga sebelumnya. Berbagai macam kartu perdana berikut kuota datanya, mulai dari yang 13 GB (Giga Byte) dengan harga Rp.50.000, 15 GB Rp.55.000 dan yang paling besar 30 GB seharga Rp.60.000. “Masih sama harganya, malah ini ada yang turun lima ribu,” jelasnya. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...