Pasokan Stok Darah PMI Tangsel Aman Hingga 14 Hari Ramadhan

Tangerang (7/5/2019) Satubanten.com – Bulan ramadhan merupakan fase krisis bagi Palang Merah Indonesia (PMI) terutama terkait stok darah.  Sebelumnya PMI Tangsel telah memprediksi hal tersebut dan menyiapkan strategi dengan menjemput bola langsung ke masyarakat untuk memenuhi kebutuhan stok darah selama Ramadhan.

“Stok darah sampai minggu ke-2 (14 hari -red) puasa masih terbilang aman. Untuk di bulan ramadhan nanti planning kita ialah menjemput bola dengan mendatangi gereja dan pusat perbelanjaan,” kata Staff Pelayanan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Tangsel, M Fajar dikutip Humas Tangsel.

Fajar melanjutkan, PMI Tangsel menargetkan 75 kantor perlokasi dengan maksimal dua lokasi yang berbeda.

“Dengan target 75 kantong perkedatangan. Dan, maksimal ada dua lokasi yang kita datangi,” lanjut Fajar.

Ia juga tak lupa terus melakukan sosialisasikan ke masyarakat tentang manfaat donor darah dan mengapa harus mendonor darah. Mengingat target di 2019 mencapai 2.000 kantong perbulan.

“Dampak dari sosialisasi itu ada. Daya serap kita meningkat dari 1.300 perbulan. Di November kemarin kita bisa menyentuh angka sekitar 1.600. Tapi tetap harus terus meningkat, karena target kita di 2019 yaitu 2.000 kantong perbulan. Dan, insha allah periode awal tahun bisa kita lalui,” ujarnya.

Pemkot Tangsel sendiri telah mengeluarkan Peraturan Wali Kota nomor 14 tahun 2017 terkait pembebasan biaya pengganti pengolahan darah, dan akan diterapkan mulai tahun 2019. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...