Pasar Tamansari Pusat Jajanan Tradisional Hingga Sayur Mayur

Serang, (11/09/2018) Satubanten.com – Kue tradisional memang tidak pernah kehilangan penggemarnya, walau kini jumlah penjual kue tradisional semakin sedikit, namun masyarakat Kota Serang dan sekitarnya tidak perlu khawatir. Karena setiap harinya di Pasar Taman Sari yang bertempat di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Cimuncang, Kecamatan Serang, Kota Serang kita dapat menemukan aneka jajanan tradisional khas Banten.

Saat memasuki pasar Tamansari, kita langsung disambut dengan jajaran penjual kue tradisional. Mulai dari Gembleng, cuer, kue cincin, talam, jejorong, hingga kue cucur dan lemper bisa kita temui disini. Kue yang sebagian besar berbahan dasar tepung beras ini dijual dengan harga yang cukup murah, mulai dari Rp 600 sampai Rp 2.000 rupiah saja.

Kebanyakan para penjual kue tersebut sudah berjualan di Pasar Tamansari selama puluhan tahun. Dari mulai pasar Tamansari masih berada di pinggir rel kereta api hingga kini berpindah ke lokasi yang sekarang ini ditempati.

Liah (44) seorang pedagang jajanan tradisional di Tamansari mengatakan “udah lama saya jualan disini dari 2004, ada macem-macem kue basah, ada gembleng, bacang, dadar gulung, lemper, lafana, banyaklah pokoknya. Saya jualnya rata-rata 600 rupiah per kue, jadi 6000 rupiah dapet 10 kue.Biasanya saya mulai buat kue malem, terus abis solat subuh langsung kesini,” Ujarnya.

Jika kalian ingin berburu kue-kue tradisional bisa datang ke Pasar Tamansari mulai pukul 05.00  sampai pukul 10.00. Selain berjualan di pasar para penjual kue disana juga menerima pesanan untuk acara-acara besar.

Seperti Nela (38) salah satu pembeli menjelaskan, membeli di pasar pagi Tamansari karena banyak pilihannya dan murah. “Selain untuk konsumsi sendiri, kadang kalo ada pesenan kue box saya beli kuenya disini,” katanya.

Selain jajanan tradisional, Pasar Tamansari juga menjual aneka sayur mayur, daging sapi, daging ayam sampai perabotan rumah tangga lainnya. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...