Partai Koalisi Indonesia Kerja Rajai Pileg Nasional 2019

Jakarta (19/05/2019), Satubanten.com – Pemilihan Umum 2019 sudah menjelang akhir perhitungan dan pengumuman hasil. Hingga saat ini pleno KPU Nasional sudah memasuki tahap akhir. Hingga Sabtu (18/05) perhitungan suara provinsi DKI Jakarta telah selesai dilakukan. Kini pleno KPU memasuki perhitungan untuk daerah Provinsi Sumatra Utara (Sumut), Riau dan Maluku.

Untuk mengejar target pengumuman suara yakni 22 Mei mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat optimis bahwa perhitungan dan hasil sudah bisa diumumkan pada tanggal tersebut. Menurut Arief Budiman selaku ketua KPU Pusat, KPU siap mengumumkan hasil rekapitulasi dan melangsungkan ke proses selanjutnya.

“Sementara masih kita rancang untuk tanggal 22, penetapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara nasional. Setelah ditetapkan kita tunggu tiga hari, apa ada pengajuan sengketa ke MK atau tidak. Kalau ada pengajuan sengketa, maka KPU harus tunggu sampai keluar putusan MK,” kata Arief.

Sementara itu hasil perolehan pileg dari Sistem Hitung (Situng) KPU, partai koalisi 01 Indonesia Kerja mengungguli perolehan pileg pemilu 2019. Partai yang ada di puncak peroleh suara pileg 2019 antara lain PDIP, Golkar, PKB dan Nasdem. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memuncaki perolehan suara dengan perolehan 20.12% suara.

Sedangkan 4 partai setelahnya yakni Golkar 12,99%, PKB 9,61%, NasDem 9,4%. Hingga saat ini perhitungan melalui situng KPU telah memasuki 51,9%. Sementara itu Partai – partai Indonesia Adil Makmur yang menduduki peringkat teratas yakni Gerindra, Demokrat, PKS dan  PAN. Rauhan masing-masing untuk partai-partai tersebut antara lain Gerindra 11,69%, Demokrat 7,89%, PKS 7,32%, PAN 6,87%. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...