Pada Saat Sosialisasi PSETK Tingkat DI, Kabid Fisik Prasarana Pun Bilang Begini

Pandeglang (07/04/2021) satubanten.com – Kegiatan sosialisasi profil sosial, ekonomi, teknis, dan kelembagaan (PSETK) berlangsung pada Rabu (7/4/2021) dan bertempat di aula kantor desa Sukajadi Kecamatan Carita.

Dan pada kesempatan itu hadir para narasumber terdiri dari Kabid fisik Prasarana pada Bappeda kabupaten Pandeglang bernama Deviana, Korluh Pertanian Kecamatan Carita E Kusmana serta para tim Pendamping Masyarakat (TPM) yaitu Jaenudin dan Nurhayati.

Juga hadir Sekdes Sukajadi Agus Sulistiano, para penyuluhan Pertanian, ketua P3AM, ketua Gapoktan dan beberapa ketua Poktan.

Sementara itu Kabid Fisik Prasarana pada Bappeda Pandeglang, Deviana menuturkan, agenda hari ini adalah sosialisasi program PSETK sebanyak 401 daerah irigasi (DI) di 15 kecamatan.

Tujuannya akan menyusun dokumen PSETK, dimana mencakup sosial, ekonomi, kelembagaan dari DI yang sesuai dengan Permen PU no 14 tahun 2015. Dimana tahun ini (2021) menyusun dokumen dari sebanyak 401 DI dari total 618 daerah irigasi.

“Dokumen PSETK disusun dengan keterlibatan beberapa unsur, yaitu Bappeda , PURP , Dinas pertanian, TPM dan P3A, Gapoktan serta Poktan juga kelompok wanita tani (KWT),” pungkasnya.

Ditempat yang sama salah satu TPM bernama Jaenudin menerangkan, bahwa penyusunan dokumen PSETK dilakukan dengan metode pendekatan, pemahaman partisipatif kondisi daerah irigasi.

Dengan melakukan sosialisasi PSETK tingkat daerah irigasi, melakukan penelusuran jaringan jaringan irigasi serta melakukan FGD terkait aspek (sosial, ekonomi, teknis dan kelembagaan), pungkasnya. (Sbs)

Comments
Loading...