Pabrikan Mobil GWM Mulai Rambah Rusia

Moskow, SatuBanten – Pada 5 Juni, pabrik GWM di Tula, Rusia, merayakan hari jadi kedua. Pabrikan otomotif asal China, memulai debutnya dengan meluncurkan HAVAL F7, HAVAL F7x, HAVAL H9, dan beberapa model lain telah diproduksi secara massal, mobil-mobil bermerek HAVAL sukses mencatat pertumbuhan penjualan selama bertahun-tahun. Bahkan, HAVAL JOLION telah meraih izin pemasaran dan merebut perhatian banyak pengguna. Seluruh pencapaian ini membuktikan kiprah pabrik Tula sebagai model pengembangan GWM di pasar internasional.

Pabrik Tula menjadi fasilitas manufaktur pertama yang didirikan di luar negeri oleh produsen mobil asal Tiongkok. Pabrik ini meliputi empat proses produksi: pengepresan (stamping), pengelasan, pengecatan, dan perakitan akhir.

Pada tahap awal konstruksi, demi mempercepat lokalisasi produksi, GWM secara khusus membangun sebuah jalan yang menghubungkan pabrik ini dengan jaringan jalan di Rusia. GWM juga melansir proses manufaktur dan manajemen mutu internasional, serta kebijakan pelestarian alam. Langkah-langkah ini ditempuh GWM untuk mendorong pembentukan gugus industri manufaktur otomotif di wilayah lokal.

Saat ini, pabrik Tula memiliki kapasitas produksi tahunan sebesar 150.000 unit, dan menjalankan aktivitas produksi yang berteknologi cerdas, aman, serta efisien. Alat-alat pengepresan dikirim dengan memakai robot tujuh-axis linear yang dibuat ABB di Swedia, serta pengepresan kontinyu yang dibuat FAGOR di Spanyol. Sementara, fasilitas pengelasan dilengkapi robot-robot buatan ABB dan sistem distribusi otomatis buatan EMS.

Tingkat otomatisasi pada lini pengelasan utama bahkan mencapai 100%. Lini inspeksi pada perakitan akhir menguji mobil dengan rangkaian tes lengkap yang dikembangkan Dürr asal Jerman. Pabrik ini menjadi babak baru bagi sektor manufaktur otomotif Tiongkok. Lebih lagi, demi membangun rantai pasok global, GWM telah mendirikan sebuah pabrik mesin di Tula. GWM berencana memasok dan memasang mesin-mesin untuk lebih dari 90% mobil HAVAL pada 2022.

Berkat lokasi strategisnya, pabrik Tula dapat menjangkau negara-negara di sekitar Rusia yang tersebar di Asia Tengah, Eropa Timur, dan Eropa Utara. Hal ini sangat penting dalam strategi globalisasi GWM. Pabrik Tula juga menjadi sentra yang menghubungkan pasar-pasar di Asia dan Eropa.

Di sisi lain, pabrik GWM di Rayong, Thailand, telah mengumumkan rencana peluncuran sembilan mobil baru dalam tiga tahun mendatang, termasuk dua model terlaris, yakni HAVAL H6 dan ORA Good Cat. Pabrik GWM di Rayong pun bertekad untuk mempromosikan Thailand sebagai basis produksi mobil generasi baru di ASEAN. Basis produksi ini turut memperkuat langkah GWM untuk merambah pasar mobil dunia.

Penyelesaian dan operasionalisasi tiga pabrik mobil di luar negeri telah menjadi landasan yang baik bagi ekspansi bisnis global GWM. Ke depan, sambil mempercepat strategi globalisasinya, GWM akan terus membangun citra baru, yaitu “Created in China”, dengan mewakili merek-merek mobil buatan Tiongkok lainnya. (**)

You might also like
Comments
Loading...