Nisan Rencanakan Produksi Low MPV Kembaran Xpander

Nissan Motor Indonesia (NMI) berencana memproduksi model low MPV menggunakan model yang berbasis Mitsubishi Xpander. Hal ini telah diungkap oleh produsen Mitsubishi, meskipun masih enggan menguak rencana peluncuran produk terbarunya.

Kabar mengenai rencana tersebut terungkap dari tenaga penjual salah satu diler Nissan di Jakarta, Senin (12/11/2018). Meski tak memberikan banyak informasi mengenai produk tersebut, namun wiraniaga ini mengungkap waktu peluncuran kembaran Xpander tersebut.

“Model MPV Nissan yang mirip dengan Xpander ini rencananya baru akan meluncur tahun depan, tepatnya April,” ungkap wiraniaga diler Nissan Jakarta yang dirahasiakan identitasnya.

Sedikit ia menjelaskan, bahwa model yang akan diluncurkan memiliki basis yang sama dengan Xpander. Nissan hanya melakukan beberapa perubahan yang mencolok di bagian depan dengan identitas Nissan baik desain grill maupun logo yang digunakan nantinya.

Sebelumnya Aliansi Nissan dengan Mitsubishi dengan kepemilikan saham mencapai 34 persen pada merek berlogo tiga berlian, memungkinkan Nissan bisa menggunakan platform tersebut.

Bahkan ada beberapa rencana aliansi keduanya, Renault dan Mitsubishi melakukan pengembangan model platform yang bisa digunakan secara bersamaan.

Karenanya ketika Nissan seperti dilaporkan Nikkei akan meluncurkan model MPV terbaru dengan platform Xpander menjadi peluang yang besar bagi Nissan, mengingat Mitsubishi tengah sukses memasarkan model small MPV-nya di beberapa negara.

Secara tampilan, sebuah gambar render yang menjadi kembaran Xpander yang akan di produksi oleh Nissan berdasarkan ubahan digital akan mengusung desain dengan karakter Nissan dimana terdapat frame U seperti pada model kendaraan double cabin Nissan dimana tengahnya memiliki sarang lebah.

Dari tampilan depan, karakter LMPV milik Nissan terbilang sangat berkarakter dan lebih dinamis.

Untuk produksi global, nantinya Aliansi Nissan-Mitsubishi akan memproduksi beberapa model bersama yang terletak di Thailand. Karenanya Mitsubishi juga telah membangun pusat pelatihan dan penelitian di Thailand dan menjadi pertama di luar Jepang. (hrs/SBS)

Comments
Loading...