Ngabuburit Seru Sambil Mancing Di Pantai Gope Karangantu

Serang, (07/06/2018) Satubanten.com – Bulan puasa Ramadhan tidak lengkap rasanya jika tidak dibarengi dengan ngabuburit dan agenda buka puasa bersama teman maupun keluarga. Biasanya kegiatan ini dilakukan bersama teman, pasangan dan keluarga untuk menikmati suasana sore sambil mencari menu buka puasa sekaligus menunggu waktu berbuka puasa.

Banyak tempat favorit untuk ngabuburit menjadi lebih seru dan asyik, seperti salah satunya Pantai Gope yang terletak di Karangantu, Kasemen Kota Serang. Meskipun hanya sebuah dermaga kecil tempat perahu nelayan mengaitkan perahu ikannya untuk bersandar, tempat ini menjadi tempat favorit warga Serang untuk meghabiskan waktu sorenya.

Banyak warga yang duduk-duduk disepanjang dermaga sambil melihat hilir mudik perahu nelayan yang berangkat dan pulang dari tengah laut. Bahkan tak jarang warga membawa alat pancing untuk memancing ikan disekitar dermaga Karangantu.

“Bingung mau ngabuburit kemana, jalanan macet daripada bikin batal puasa gara-gara emosi di jalan mending kesini aja, murah terus adem bisa liat perahu sekalian nemenin suami yang hobi mancing disini,” kata Dyah, warga asal Kramatwatu Kabupaten Serang. Dia juga sengaja membawa bekal makanan dan tikar karet untuk persiapan buka puasa. Khawatir tidak sempat sampai kerumah tepat waktu.

Selain tempat wisata di dermaga, warga juga bisa sekalian berbelanja ikan asap ataupun ikan asin yang ada disepanjang jalan menuju pantai gope. Banyak ikan asin yang berjajar dijemur oleh para nelayan dipinggiran jalan. Tak jauh dari lokasi penjemuran ikan asin, terdapat satu rumah pengrajin miniatur kapal kayu yang menjajakan hasil karyanya tepat di depan rumahnya. Sehingga banyak masyarakat yang tertarik untuk sekedar melihat proses pembuatannya, atau bahkan ingin memilikinya.

Harga yang ditawarkan cukup mahal, akan tetapi tergantung juga dari besar kecil dan kerumitan dari pembuatan miniatur kapalnya. Mulai dari kapal nelayan kecil atau bagan sampai kapal pinisi dan kapal dewa ruci bisa dia buat dengan pengerjaan dalam kurun waktu sekitar tiga bulan, untuk kapal dewa ruci, karena tingkat kerumitannya yang lumayan.

Ada banyak spot foto yang menarik dikawasan dermaga Pantai Gope, biasanya wisatawan berswafoto atau berselfi ria dengan berbagai latar belakang. Mulai dari latar belakang laut, perahu nelayan, mercusuar sampai hutan mangrove yang berada di pinggir dermaga. Tempat wisata ini menjadi alternatif bagi masyarakat di Banten, khususnya Kota Serang. Selain tempatya yang unik, harga tiket masuknya pun sangat terjangkau. Cukup mengeluarkan Rp 500 hingga Rp 2.000 saja sudah bisa dengan bebas tanpa batasan waktu.

Disebrang dermaga juga terdapat pulau tiga, empat dan lima, yang biasanya banyak dikunjungi wisatawan baik lokal muapun luar daerah. Jadi, rencana kemanakah jadwal ngabuburit sore ini untuk kalian? bisa dicoba nih, wisata alternatif Pantai Gope buat dikunjungi. (SBS/029)

You might also like
Comments
Loading...