Ngabuburit Ala Mahasiswa, Gelar Webinar Tips Lolos Beasiswa Pascasarjana

Serang (04/05/2021) satubanten.com – Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional, IKA Agroekoteknologi Untirta gelar webinar dan ngabuburit tips lolos beasiswa pascasarjana dalam dan luar negeri. Sekaligus menyambut hari Pendidikan Nasional, IKA Agroekoteknologi Untirta menggelar webinar dan ngabuburit dengan tema “Tips Lolos Beasiswa Pascasarjana Dalam dan Luar Negeri”, yang menghadirkan narasumber pemegang beasiswa luar negeri di berbagai negara.

Hal ini dilaksanakan guna menyemarakan pendidikan di Indonesia, serta memberikan informasi kepada mahasiswa yang hendak melanjutkan studi pascasarjananya. Pelaksanaan dimulai pukul 15.35 WIB melalui via zoom. Diikuti oleh 104 peserta dari umum. Webinar ini pandu oleh pembawa acara dari Ketua Umum Himagron Untirta yaitu Dennis Perkasa. Dilanjutkan dengan laporan ketua pelaksana oleh Medi Prasetyo Pujiatmoko, S.P.

“Di hari Pendidikan ini kita dapat bersama-sama menyemarakan Pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah dengan mengadakan webinar ini yang mendatangkan narasumber dengan pemegang beasiswa luar negeri, diantaranya yaitu Nur Iman Muztahidin, SP., M.Sc merupakan Alumni S2 Kyushu University, Jepang ; dan Ilham Fikri, SP merupakan Mahasiswa S2 National Pingtung University of Science and Technology, Taiwan,” kata Medi Prasetyo Pujiatmoko, S.P. sebagai ketua pelaksana.

Sesi selanjutnya penyampaian launching logo dan pengumuman struktur kepengurusan IKA Agroekoteknologi Untirta yang diambil alih oleh Benny Rivaldy S.P “Kampus untirta terkenal dengan warna biru secara institusi. Daun sebagai kebermanfaatan yang akan terus tumbuh dari kecil. Struktur kepengurusan: Wakil 1 membidangi organisasi dan keanggotaan, pengembangan alumni, kemitraan mahasiswa, dan bisnis. Sedangkan wakil 2 membidangi humas dan kerjasama, sosial, serta media,” ujarnya.

Pembukaan acara yang disampaikan oleh Prof. Dr. Nurmayulis, Ir., MP diwakilkan oleh ibu Andi Apriany Fatmawaty: “Pendidikan adalah jembatan untuk mencapai impian, sehingga pendidikan bukan hanya alat transfer ilmu melainkan membentuk karakter mahasiswa yang berilmu, bermoral dan berkompeten. Pada hari bersejarah ini saya membuka acara webinar dengan tema Tips lolos beasiswa pascasarjana dalam dan luar negeri,” jelasnya

Dilanjutkan dengan penyampaian keynote speaker oleh Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Untirta yaitu Dr. Nat. techn. Weksi Budiaji, S.Si., M. Sc, dengan tema “Dukungan Fakultas Pertanian dalam Memfasilitasi Alumni Untuk Mendapatkan Beasiswa Pascasarjana Dalam dan Luar Negeri”. Kiat-kiat mendapatkan beasiswa Luar Negeri adalah yang pertama persiapan, dimana basic yang harus dimiliki disini ialah motivasi untuk mendorong semangat mengikuti beasiswa. Kedua, informasi mengenai seluruh kebutuhan beasiswa.

Salah satu tempat bertanya mencari informasi adalah PPI (Persatuan Pelajar Indonesia). Dokumen yang penting diantaranya CV dan TOEFL. Ketiga, kemungkinan sukses/gagal. Mencari beasiswa hanya langkah awal, karena tantangan sesungguhnya pada saat disana. Ketika dipanggil, harus mempersiapkan semaksimal mungkin. “Sukses bukan suatu kecelakaan, tapi harus melalui anak tangga,” imbuhnya

Keynote speaker selanjutnya oleh R.S. Suroyo Jr, SP., M.Si selaku ketua umum IKA Agroekoteknologi Untirta dengan tema “Peran IKA Agroekoteknologi dalam Mendukung Alumni Mendapatkan Beasiswa dan Tips Lolos Beasiswa Dalam Negeri”. Strategi alumni mendapatkan beasiswa adalah dengan membangun koordinasi efektif antara kampus, alumni dan mahasiswa, mengundang alumni yang mendapat beasiswa, mengundang Dikti dan LPDP sebagai pembicara, mendata alumni yang berkeinginan menlanjutkan studi S2 maupun S3, dan melakukan pendampingan terhadap alumni yang akan melanjutkan pascasarjana (mentoring).

Tips mendapatkan beasiswa adalah saat masih S1, tentukan tujuan kedepannya ingin menjadi apa, mencari informasi sebanyak-banyaknya, persiapkan diri dan lengkapi syarat utama yaitu IPK dan sertifikat TOEFL, tentukan tujuan PT dan jurusan pascasarjana, pelajari waktu dan syarat PT dan beasiswa, pelajari dan selesaikan syarat PT dan beasiswa dari jauh hari, melengkapi persyaratan (dapat ditambah sesuai keunggulan), mendaftar PT dan beasiswa sebelum penutupan, dan yang terakhir adalah banyak bertanya serta minta doa restu orangtua. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...