Mulai Buka Usaha? Begini Cara Dapat Izin Usaha Secara Online di OSS

Satubanten.com- Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) merupakan surat legalitas bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya. Selain untuk kepastian hukum, IUMK dapat menjadi sarana pemberdayaan pelaku usaha.

Usaha yang disebut mikro adalah apabila pelaku usaha memiliki jumlah kekayaan paling banyak Rp50 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan dan omzet tahunan paling banyak Rp300 juta.

Sedangkan usaha dengan jumlah kekayaan antara Rp50 juta sampai dengan Rp500 juta, tidak termasuk tanah dan bangunan dan omzet tahunan berkisar Rp300 juta sampai dengan Rp2,5 miliar disebut dengan usaha kecil sebagaimana dijelaskan dari laman UKM Indonesia.

Syarat Buat OSS untuk IUMK

Sebelum login ke OSS, pelaku usaha harus meng-input data untuk pembuatan user-ID. Pelaku usaha berbentuk badan usaha, memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) Penanggung Jawab Badan Usaha tersebut.

Selain itu, pelaku usaha harus menyelesaikan proses pengesahan badan usaha di Kementerian Hukum dan HAM melalui AHU Online bagi badan usaha berbentuk PT, badan usaha yang didirikan oleh yayasan, koperasi, CV, firma, dan persekutuan perdata, sebelum mengakses OSS.

Pelaku usaha badan usaha berbentuk perum, perumda, badan hukum lainnya yang dimiliki oleh negara, badan layanan umum atau lembaga penyiaran menyiapkan dasar hukum pembentukan badan usaha.

Syarat Mengajukan IUMK

Pembuatan surat IUMK ini gratis atau tidak dipungut biaya. Biaya tersebut dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan/atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Pelaku usaha mikro dan usaha kecil dapat mengajukan IUMK dengan persyaratan sebagai berikut.

  1. Surat pengantar dari RT atau RW yang terkait dengan lokasi usaha.
  2. Fotokopi KTP penanggung jawab usaha.
  3. Fotokopi Kartu Keluarga penanggung jawab usaha.
  4. Pas foto warna berukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.
  5. Formulir IUMK yang telah diisi, meliputi nama, nomor KTP, nomor telepon, alamat, kegiatan usaha, sarana usaha, dan jumlah modal usaha. Link untuk mendaftar melalui OSS : https://www.oss.go.id/oss/.
  6. Pelaku usaha harus memiliki alamat e-mail yang aktif dan password yang mudah diingat.
  7. Nomor telepon yang bisa dihubungi.
You might also like
Comments
Loading...