Mudik 2018, Pengguna Motor Bisa Melalui Semua Dermaga Pelabuhan Merak

Cilegon, (05/06/2018) – satubanten.com – Musim mudik kali ini Pelabuhan Merak memberi perhatian pada pemudik dengan kendaraan roda dua. Pasalnya pada mudik 2017 yang lalu pemudik dengan kendaraan roda dua yang ingin menyeberang ke Lampung hanya dilayani melalui satu dermaga yaitu dermaga VI.

Mudik Lebaran kali ini para pemudik dengan kendaraan roda dua bisa menggunakan semua dermaga di Pelabuhan Merak.Dirlantas Polda Banten Kombes Tri Juliyanto Djatiutomo menjelaskan, tahun lalu kendaraan roda dua diarahkan masuk ke dermaga VI dan langsung ke kapal. Tapi, karena membutuhkan waktu paling cepat 30 menit bagi kapal untuk sandar dan membawa penumpang, maka terjadi antrean panjang dan menyebabkan kemacetan.

“Jadi hasil evaluasi kami pada mudik tahun lalu untuk kendaraan roda dua , dulu masuk ke dermaga VI. Sekarang nggak, disharing ke (dermaga) I, II, III, IV, V,” ujar Tri di Serang, Banten, Selasa (5/6/2018).

Para pemudik akan di arahkan terlebih dahulu ke dermaga VI, setelah sudah cukup padat pihak kepolisian bersama personel PT. ASDP (angkutan Sungai Danau Penyeberangan) akan memandu dan mengarahkan roda dua ke dermaga lain hingga masuk ke dalam kapal. “Jadi antrian motor bisa lebih cepat tersedot di gate (gerbang) dermaga VI. Akan kita atur motor masuk ke dalam kapal” lanjut Tri Julianto.

Pihak kepolisian juga akan mengadakan rekayasa lalu lintas. yang nantinya para pemudik kendaraan roda dua hanya boleh melintasi jalur Gerem Bawah dan Cikuasa Bawah menuju dermaga VI. Sedangkan kendaraan roda empat bisa melalui Cikuasa Atas khusus dari arah Tol Tangerang-Merak menuju Pelabuhan Merak.

Rekayasa ini sangat membantu memberikan gambaran lalu lintas yang akan terjadi ketika arus mudik sudah padat. Dengan adanya pemusatan lintasan khusus roda dua melalui dermaga VI, maka tidak ada pertemuan antara roda dua dan roda empat. Apalagi, susunan dermaga di pelabuhan Merak jika dari arah Jakarta adalah VI, I, II, III, IV, V. (sbs04/ysf)

You might also like
Comments
Loading...