Mudahkan Pelacakan Covid-19, Angkasa Pura II Ingatkan Penumpang Mengisi e-HAC

Cengkareng, Satubanten.com – Menyikapi kondisi pandemic saat ini, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, meminta penumpang yang datang dan pergi dari Bandara Soekarno-Hatta patuh mengisi Health Alert Card (HAC) atau kartu kewaspadaan kesehatan.

Menurutnya, HAC penting untuk data tracking atau riwayat perjalanan penumpang di masa pandemi Covid-19.

“Kami berharap penumpang harus kooperatif dan harus mengisi karena HAC salah satu metode tracking,” kata Awaluddin, dalam keterangan tertulisnya yang diterima SatuBanten, Kamis (29/10/2020).

Saat ini Bandara Soekarno Hatta sudah menerapkan elektronik HAC atau e-HAC yang bisa digunakan melalui ponsel sehingga memudahkan pengguna bandara.

“Sekarang ini mekanisme HAC melalui aplikasi elektronik, ini lebih mudah cepat, simpel dan mobile daripada mengisi manual,” ungkapnya.

Namun, ada beberapa bandara, lanjut Awaluddin yang mungkin masih menggunakan metode manual atau mengisi formulir kertas. Dengan mengisi HAC, kata Awaluddin, bisa memudahkan Gugus Tugas Covid-19 dalam melacak penyebaran Covid-19.

“Mereka yang mengisi data (HAC) memudahkan para pemangku tugas untuk penanganan covid-19 untuk memonitor. Jadi jangan diabaikan,” tuturnya.

Seperti diketahui HAC merupakan salah satu syarat dokumen yang diminta untuk para penumpang pesawat setelah tiba di bandara tujuan. HAC didapat setelah penumpang pesawat dinyatakan layak untuk melakukan perjalanan, dari pemeriksaan suhu tubuh dan dokumen kesehatan yang dipersyaratkan. (RLS/SBS)

You might also like
Comments
Loading...