Miris Warga Serang Utara Krisis Air Bersih, HMTL Salurkan Bantuan

Serang (16/12/2019) SatuBanten.com – Miris, kawasan Serang Utara masih menghadapi krisis air bersih karena kemarau panjang. Hal ini menjadi ladang bagi para instansi maupun organisasi kampus dan masyarakat untuk memberikan bantuan berupa air bersih.

Seperti yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Unbaja yang telah memberikan 80 ribu air bersih kepada warga yang membutuhkan.

Penyaluran air bersih ini merupakan rangkaian kegiatan Milad ke 5 HMTL Unbaja, sumber dananya sendiri didapatkan dari hasil patungan anggota, alumni HMTL, ikatan keluarga alumni (IKA) Unbaja dan para dosen.

Sebanyak 11 tangki disalurkan pada 5 kecamatan di kawasan Serang Utara baik di Kota maupun Kabupaten Serang. Diantaranya, Kecamatan Kasemen, Kecamatan Pontang, Kecamatan Tirtayasa, Kecamatan Lebak Wangi dan Kecamatan Carenang.

“Ini kegiatan penyaluran air bersih yang pertama kita gelar, kita sebar di Kabupaten dan Kota Serang. Khususnya pada kawasan-kawasan yang memang sangat kekurangan air bersih untuk kebutuhan,” kata Ketua HMTL Fernando Panjaitan.

Ia mengaku bahwa pihaknya mendapatkan dukungan untuk kegiatan sosial kemanusiaan dari civitas akademika Unbaja dan para alumni sehingga bergerak secara cepat mewujudkan penyaluran bantuan tersebut.

“Kami akan terus meningkatkan jumlah air bersih yang disalurkan untuk meringankan beban saudara-saudara kita yang kekurangan air bersih,” kata Fernando.

Selain itu, kata Fernando, kedepan tidak hanya menyalurkan air bersih. Namun juga akan mencoba membangun sistem pengolahan air bersih dengan alat-alat sederhana agar masyarakat di Serang Utara tak lagi kekurangan air bersih.

“Kita akan mulai dari sosialisasi cara memanfaatkan air hujan untuk menjadi air simpanan warga yang dapat digunakan pada musim kemarau,” pungkasnya. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...