Miris, Tugu Perjuangan Rakyat Pandeglang Sektor Gunung Karang Terbengkalai

Pandeglang, (13/11/2018) SatuBanten.Com – Perjuangan bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari penjajah pada umumnya diabadikan dalam bentuk tugu. Sebagai lambang perjuangan, tugu peringatan pun seharusnya ditempatkan di lokasi yang pantas. Namun ternyata, tidak semua tugu peringatan dianggap sebagai saksi bisu sejarah yang seharusnya dipelihara.

Dahulu pada jaman penjajahan ada kejadian peperangan antara Pejuang pasukan Sektor Gunung Karang Pandeglang yang dipimpin Tb H Ahmad Gozalie pada masa Agresi Militer ke 2. Dengan penuh kegigihan hingga akhirnya mampu mengusir para penjajah. Tb H Ahmad Gozalie selain pejuang yang gagah berani ternyata beliau adalah salah satu guru amengan di perguruan silat di Banten .

Pada waktu itu juga Bung Tomo datang ke Daerah Banten dan ia berkata ternyata yang terus menerus ada pertempuran hanya di Gunung Karang yang di pimpin oleh Tb H Ahmad Gozali. Maka dibuatlah bangunan berupa Tugu Perjuangan di daerah Mengger oleh Bung Tomo atas perintah langsung Bung Karno. Tugu tersebut masih ada sampai sekarang yang terletak di daerah Mengger (Jalan Raya Labuan Km 7 Pandeglang) meski kondisinya rusak.

Entah siapa yang harus bertanggung jawab, tempat ini jadi tanggung jawab kita semua sebagai warga pandeglang pada khusus nya, tapi peranan Pemerintah kabupaten Pandeglang juga sangat penting ikut andil dalam menjaga tugu juang simbol sejarah perjuangan para pahlwan di Pandeglang. (Sbs/011)

You might also like
Comments
Loading...