Minuman Pengantar Tidur Malam yang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Kesehatan, Satubanten.com- Kurang tidur diketahui dapat menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan, ketidakseimbangan kadar hormonal, makan berlebihan, dan gangguan kadar gula darah serta insulin.

Nah, bagaimana agar tidur Anda lebih nyenyak di malam hari sekaligus membantu menurunkan berat badan? Melansir Prevention, ini lima jenis minuman yang baik dikonsumsi pada malam hari:

1. Susu
Segelas susu, baik hangat atau tidak, dapat membuat Anda tidur lebih nyenyak. Hal ini karena susu mengandung triptofan dan kalsium di dalamnya.

Dengan memiliki waktu tidur yang cukup dan kualitas tidur yang baik, maka keinginan Anda untuk makan di keesokkan harinya pun akan berkurang.

2. Jus anggur
Mengonsumsi jus anggur 100 persen sebelum tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak dan membakar lemak saat tidur. Para ahli menemukan, sekresi insulin di malam hari (misalnya akibat konsumsi karbohidrat sederhana seperti jus buah) dapat membantu mengatur jam tidur tubuh.

Penelitian lain yang dilakukan pada 2015 menemukan, resveratrol yaitu sebuah antioksidan di dalam anggur, dapat mengubah lemak putih menjadi lemak cokelat yang merupakan pembakar kalori.

3. Teh chamomile
Segelas teh chamomile hangat dapat meningkatkan kadar glisin, sebuah neurotransmitter yang dapat merileksasi saraf Anda dan bertindak sebagai sedatif ringan.

Selain itu, teh chamomile juga dapat meningkatkan suhu tubuh, yang membuat tubuh Anda akan berusaha untuk mendinginkannya, sehingga merasa mengantuk.

Pastikan saja hanya mengonsumsi teh chamomile yang tidak mengandung kafein karena hal ini justru dapat berpengaruh buruk bagi istirahat Anda.

4. Kefir
Kefir terbuat dari susu yang difermentasi, mengandung banyak probiotik, yang dapat membantu meningkatkan kadar bakteri baik di dalam saluran pencernaan, dan akan membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda serta membantu tubuh menyerap vitamin dan mineral dengan lebih efektif.

5. Kedelai
Kedelai, baik dalam bentuk susu atau bubuk protein, mengandung banyak asam amino triptofan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Birmingham University, triptofan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena berfungsi sebagai precursor melanin.

Triptofan juga dapat menurunkan kadar hormon kortisol untuk menurunkan jumlah lemak perut. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, campurkan greek yoghurt ke dalam protein shake Anda.

Campuran ini sangat baik dikonsumsi setelah berolahraga untuk membantu mempercepat proses penyembuhan otot paska olahraga. (SBS/009)

You might also like
Comments
Loading...