Menuju Kota Sehat, FKSS Berdayakan Masyarakat Buat Bank Sampah

Serang, (14/9/2019) Satubanten.com-  Forum Kota Serang Sehat (FKSS) Kota Serang berdayakan masyarakat untuk membuat bank sampah untuk mewujudkan Kota Sehat. Dengan Bank Sampah, produksi sampah di Kota Serang dapat berkurang dan penumpukan sampah pun minim.

Ketua FKSS Kota Serang Embay Mulya Syarif mengatakan, melalui Kelompok Kerja (Pokja) yang ada di tiap kelurahan dan kecamatan, ia membentuk tim untuk membuat bank sampah. Saat ini yang sudah berjalan baru di Kelurahan Jelawe, Kecamatan Serang. Sementara, untuk di Kecamatan Curug dan Walantaka belum begitu aktif, meski sudah ada bank sampah.

“Iya, kami menginisiasi untuk pembuatan bank sampah di tiap kelurahan. Jadi masyarakat bisa memisahkan sampah yang bisa dimanfaatkan. Antara sampah organik dibikin pupuk, dan sampah plastik atau non organik di daur ulang. Sehingga, penumpukan sampah dan volume sampah di Cilowong bisa berkurang,” kata Embay, Sabtu (14/9).

Hal ini juga, kata dia, salah satu upaya untuk mengurangi volume sampah rumah tangga ke Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Cilowong. Sebab, penduduk yang semakin bertambah dan lahan semakin sempit. Apalagi TPAS yang ada berlokasi dekat dengan permukiman penduduk.

“Artinya beban kesana akan berkurang (volume sampah). Lama-lama kan disana tidak akan kuat juga untuk menampung, karena penduduk yang semakin bertambah. Supaya tidak semuanya kesana (TPAS) setiap kelurahan perlu ada bank sampah,” katanya.

Pihaknya juga menargetkan setiap kelurahan di enam kecamatan di Kota Serang akan membentuk tempat pengolahan sampah atau bank sampah. Tentunya bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Serang.  (SBS)

You might also like
Comments
Loading...