Mentan Harapkan Banten Mampu Produksi Padi 1 Juta Ton

Serang (14/1/2014), SatuBanten – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman meminta kepada pemerintah provinsi Banten meningkatkan produksi padi demi terciptanya swasembada pangan, targetnya, mencapai 1 juta ton pada 2015.

“Saya minta agar Banten dapat menghasilkan 1 juta ton tahun ini produksi padi. Dalam tiga tahun kita yakin bisa swasembada pangan,” ujar Amran di Serang, Banten, Rabu (14/1/2015).

Kementerian Pertanian menjanjikan akan menambah alokasi alat mesin pertanian seperti traktor dari 122 bisa menjadi dua kali lipat dan pompa air dari 73 unit bisa dikalilipatkan.

Ia lantas mengharapkan kontribusi produksi padi Provinsi Banten akan memperkuat target capaian surplus produksi padi nasional sebanyak 11 juta ton pada 2015.

Demi mewujudkan hal tersebut, Kementerian Pertanian siap membangun tanggul irigasi sepanjang 5km di kali Ciwaka Kecamatan Pontang, Serang, Banten karena saat ini sebanyak 8.500 hektar sawah terendam banjir akibat irigasi rusak dan sungai lebih tinggi dari persawahan.

“Ada irigasi yang rusak, akibatnya air keluar dan banjir. Irigasi rusak, panjangnya 5km untuk mengairi 200 ribu hektar itu 5km panjangnya. Yang terendam ada pendangkalan dan belum dikeruk,” lanjut Amran.

Ia memerintahkan Kepada Dinas Serang untuk berkordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum. Sejauh ini, ia dengan Kementerian PU sudah menyepakati pembangunan dan perbaikan irigasi. (Ahmad/B01)

You might also like
Comments
Loading...