Meningkatkan Literasi di Indonesia Bersama Sahabat Pena

Oleh : Sumarni, Pendiri Forum Sahabat Pena dan Penulis Buku.

OPINI (09/03/2019) SatuBanten.news – Proses pendewasaan itu butuh perjuangan dan tantangan, detik-detik pengambilan toga justru membuat saya merasa tersayat-sayat bagaikan teriris pisau. Sebab, hampir kurang lebih 3 tahun saya masih belum mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Pada tanggal 1 Desember 2018 puncak kebahagiaan menyelimuti hati. Karena pada saat itu saya membuktikan pada semua orang bahwa kecintaan saya pada buku.

Kelak saya akan menghasilkan satu karya yang menjadi kebanggaan bagi semua orang, terkhusus untuk keluarga saya sendiri. Dengan meluncurkan satu buku karangan sendiri, kenapa harus buku? Saya rasa dengan kita menulis artinya kita juga aktif menjadi seorang pembaca, ada banyak pengetahuan, ilmu yang bisa kita dapat dari buku dan itu yang saya rasakan saat ini. Negara yang memiliki jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, ternyata hanya mampu menerbitkan buku kurang dari 10.000 judul per tahun, itupun mayoritas terjemahan.

Tapi kita tidak perlu pesimis, karena masih ada banyak kesempatan yang bisa kita lakukan seperti yang sedang saya lakukan ini, dengan ini saya berupaya meningkatkan minat baca melalui Komunitas SAHABAT PENA apa itu sahabat pena? Sahabat pena ialah komunitas para pecinta buku yang bertujuan untuk mengkaryakan lewat tulisan (baik buku fiksi, Non fiksi dll) yang dibentuk pada tanggal 01 Maret 2019. Keperdulian saya semata-mata hanya untuk memajukan bangsa lewat SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

“Saya harap dengan komunitas-komunitas kecil ini akan melahirkan generasi yang lebih produktif khususnya dibidang kepenulisan. Sungguh diluar dugaan sebab peserta yang ada di forum sudah mencapai hampir 80 peserta.” ujar Marni

Artinya bangsa ini akan segera menyusul bangsa-bangsa lain, jauh dari kata malas dan apatis, dengan adanya komunitas ini saya berharap teman-teman lain ikut andil didalamnya dengan bergabung bersama komunitas SAHABAT PENA. Mari kita tunjukan pada dunia bahwa Indonesia pun bisa seperti negara-negara lain, karena Negara kita juga memiliki peluang menjadi negara yang maju, untuk mencapai itu semua dibutuhkan kerjasama antara masyarakat diseluruh Indonesia.

Terkhusus para pelajar dan mahasiswa, mari berkompetisi dalam bidang apapun, kesadaran ini perlu ditumbuhkan dalam diri setiap individu. Jangan hanya terlalu fokus terhadap permasalah-permasalahan yang ada sebab kita masih punya banyak peluang dan banyak waktu yang bisa kita optimalkan, jika dengan ide-ide itu bisa menciptakan sebuah dobrakan untuk kemajuan bangsa mengapa tidak kita lakukan sekarang. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...