Menguji Ketokohan Amien Rais Jelang Munas PAN 2015

Jakarta (8/1/2015), SatuBanten – Jelang Kongres IV Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan digelar pada Maret 2015 mendatang, akan jadi ujian bagi ketokohan sosok sentral di partai itu, M Amien Rais. Ketokohan Amien Rais di PAN kembali diuji, apakah masih didengar atau tidak oleh para konstituennya.

Figur Amien Rais sebagai tokoh reformasi 1998 merupakan aktor dominan pada partai berlambang matahari terbit itu. Dalam Kongres II di Surabaya langkah Soetrisno Bachir cukup mulus menuju Ketua Umum PAN. Begitu juga posisi politik Amien Rais dalam Kongres III PAN di Batam juga teruji dengan terpilihnya Hatta Rajasa sebagai Ketua Umum PAN periode 2010-2015.

Pernyataan sejumlah tokoh yang dikenal yang berada di lingkar dalam Amien Rais memberi isyarat dukungan pada sosok Zulkfili Hasan yang saat ini menjabat sebagai Ketua MPR RI. Seperti pernyataan politisi PAN yang juga putera sulung Amien Rais, Hanafi Rais yang menyebutkan dalam tradisi politik di PAN, ketua umum partai hanya menjabat satu periode saja. Dengan cara demikian, kata Hanafi, akan terjadi regenerasi dan pembaharuan gagasan.

Tidak hanya itu, Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini dibutuhkan sosok yang mampu mengakomodasi kepentingan DPD I dan DPD II. “Sejauh ini dua hal tersebut ada pada Pak Zulkfili Hasan,” tegas Hanafi. Kongres IV PAN yang rencananya akan digelar Maret 2015 di Bali menjadi ujian bagi Amien Rais di internal PAN. (Romi/BSB/B03)

You might also like
Comments
Loading...