Mengintip Teknologi dan Kemewahan Mobnas Vietnam

VinFast, Mobil Nasional (Mobnas) Vietnam akhirnya resmi didistribusikan. Mobil ini nantinya akan bersaing di jalanan Vietnam dengan produsen mobil raksasa lainnya seperti Toyota dan Ford. Vingroup, produsen VinFast mengatakan hingga saat ini telah menerima 10.000 pesanan Mobil dan puluhan ribu e-skuter.

“Mobil Vietnam pertama secara resmi akan mengaspal di jalan-jalan. Vietnam mampu lakukan apa yang dunia bisa lakukan,” kata Direktur Vingroup, Nguyen Viet Quanghe saat berbicara di pabrik Haipong,  seperti dilansir AFP.

Secara resmi,  ada 3 model yang akan dijual oleh VinFast yakni Sport Utillity Vehicle (SUV),  skuter listrik dan bus listrik. Dari 3 jenis produk ini, VinFast akan meluncurkan 2 produk andalan yang akan bertarung di kelas premium. Kedua produk tersebut yaitu VinFast Lux A2.0 sebagai Mobil sedan dan VinFast Lux SA2.0.

1. VinFast Lux A2.0

Sebagai Mobil berjenis sedan, desain VinFast Lux A2.0 terlihat elegan. Sekilas Desain mobil ini seperti desain mobil Jerman, namun secara desain umumnya merupakan masukan dari masyarakat Vietnam sendiri. Di bagian depan, kesan elegan dapat dilihat dari lekuk aerodinamis di bagian kap dan dipertajam dengan lampu LED tipis.

Teknologi keyless entry menjadi penegas kesan mewah mobil ini. Secara interior, penggunaan material kulit mengesankan kemewahan dan kenyamanan. Kesan ini ditambah dengan tambahan 3 jenis AC yakni dual-zon automatic, ventilasi AC di belakang, juga sudah terdapat Ionic Air Purifier.

Untuk hiburan terdapat layer LCD berukuran 10.4 inci layer ini dilengkapi berbagai fungsi anatara lain smartphone mirroring, USB port, voice command, dan Bluetooth.

Dibekali mesin 2.000 cc turbo DOHC, VVT, Direct Injection mobil ini mampu mengeluarkan 174 daya kuda pada rentang 4.500 rpm-6.000 rpm serta torsi maksimal 300 Nm pada 1.750 rpm-4.000 rpm. Dilengkapi idle stop-start, tenaga dari mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis ZF 8 percepatan.

Fitur-fitur unggulan pada sedan VinFast ini antara lain rem depan dan belakang cakram, electronic parking brake, ABS, EBD, emergency brake assist, electronic stability control, traction control system, hill-start assist, roll-overmitigation, emergency stop signal, sensor parkir belakang, kamera parkir, ISOFIX, hingga enam buah air bag. Terdapat 8 pilihan warna untuk mobil ini yaitu putih, hitam, oranye, coklat, biru, abu-abu, merah, dan silver.

 

2. SUV VinFast SA2.0

Secara spesifikasi dan fitur, VinFast SA2.0 ini tidak jauh beda dengan versi sedannya. Desain umumnya mirio dengan mobil SUV Eropa. SUV ini dilengkapi dengan pelek 19 inci. Ban depannya berukuran 255/50 R19 dan ban belakang 285/45 R19.

SUV ini didesain untuk menampung hingga 7 orang penumpang. Dengan desain interior yang menggunakan material kulit sintetis dan layer hiburan LCD 10,4 inchi ini dilengkapi dengan 8 buah speaker.

Dengan dukungan fitur unggulan yang hampir sama dengan versi sedannya, mobil SUV VinFast Lux SA2.0 ini menyediakan 8 pilihan warna, yaitu putih, hitam, oranye, coklat, biru, abu-abu, merah, dan silver.

(IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...