Mengenal Syamsuri, Peraih Juara MTQ Internasional di Turki

SatuBanten News – Minggu lalu mungkin sangat jarang yang mengenal Syamsuri Firdaus (20), pemuda asal NTB, yang berhasil meraih juara 1 pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional ke-7 yang digelar di Kota Istambul, Turki.

Namanya tiba-tiba mencuat harum setelah dirinya menyabet juara satu di negara pimpinan Erdogan.

Putra kelahiran Sila Rada Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima NTB ini, menyampaikan ucapan terimakasih kepada orang tua, keluarga, guru, dan teman-teman yang telah mendoakan dan mendukungnya.

Alumni MAN 3 Bima yang mengenyam pendidikan S1 di jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia ini sebelumnya merasa khawatir dengan lawannya pada babak penyisihan. Namun demikian, dalam kompetisi lanjutan Jumat (24/5/2019) Syamsuri berhasil lolos masuk ke putaran final.

Di putaran final pada Ahad (26/5/2019), Qori yang dikenal mahir membawakan beberapa ciri khas lantunan ayat suci Alquran ini kembali menunjukkan kemampuannya di hadapan dewan juri hingga meraih kemenangan.

Syamsuri lahir 11 April 1999. Dia merupakan anak pertama dari keluarga yang keadaan ekonominya terbatas. Ayah Syamsuri, Abdullah, warga RT 03 Desa Rada Kecamatan Bolo Kabupaten Bima hanya sebagai buruh tani dan ibunya terkadang hanya ikut menjadi kuli pembuat batu bata di kampungnya.

Namun siapa nyana, pada sholat Idul Adha 1438 H atau pada 1 September 2017, Syamsuri Firdaus diamanahkan untuk menjadi Imam Sholat Idul Adha di Masjid Ukhawa Islamiyah, Universitas Indonesia Depok. Sementara M Nasir selaku Menteri Pendidikan Tinggi dan Riset RI sebagai Khatib serta Rektor UI dan jajarannya selaku makmum.

Qori yang pernah meraih juara I kategori Anak-anak MTQ Tingkat Nasional ini, berkesempatan diundang langsung oleh Imam Besar Masjid Sultan Ahmed di Istanbul untuk mengaji di depan para jemaah setelah salat Ashar. Syamsuri pernah meraih juara 1 Qori Nasional tahun 2012 kategori anak-anak yang dilaksanakan di Ambon. Syamsuri juga meraih juara I kategori Anak-anak MTQ Internasional di Singapura tahun 2012.

Tak ketinggalan, dalam akun Instagram Presiden Turki Erdogan juga mengucapkan selamat kepada pemuda asal Kota Bima ini.

“Alhamdulillah diantara 68 negara yang ikut Indonesia terpilih sebagai juara 1 dan hebatnya lagi diraih oleh anak muda NTB. Warga NTB sangat bangga dan mengucapkan selamat atas keberhasilan Syamsuri,” ujar Zulkiflimansyah selaku Gubernur NTB, seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima SatuBanten News.

Zulkieflimansyah menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya atas keberhasilan Qori muda asal Bima tersebut. Gubernur NTB menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas prestasi yang diraih Syamsuri.

“Saya selaku Gubernur selalu optimis dengan generasi muda NTB. Kami bangga akan kemampuan anak muda NTB yang mampu bersaing di kancah internasional. Ini merupakan kebanggan bagi Indonesia” kata Zulkiflimansyah.

Saat ini, Syamsuri bertubi-tubi menerima hadiah, mulai dari Haji, Umroh dan sejumlah hadiah lainnya yang diberikan oleh Presiden, Gubernur dan lainnya. Syamsuri bertekad akan menjak kedua orang tuanya ke tanah suci. (TKH/SBS)

You might also like
Comments
Loading...