Mengenal Nandang Pamungkas, Sosok Jawara Dalam Film Jawara Banten Diatas Langit Masih Ada Langit

Serang, satubanten.com – Dialah Nandang Pamungkas, pria kelahiran asli Kota Serang yang sekarang lebih dikenal dengan panggilan “Kang Jawara” karena film pendek yang dibintanginya viral di sosial media beberapa waktu lalu.

Film pendek karya RG Kedung Kaban ini diproduksi pada 2014. Film yang menceritakan tentang jawara yang suka memeras kaum lemah dan sombong karena kebal senjata tajam, dikalahkan oleh sosok penjual gorengan yang memiliki kemampuan yang lebih hebat dari jawara tersebut mendapat respon positif dari para penonton terutama disosial media.

Nandang Pamungkas yang memerankan sosok Jawara sombong tersebut malah mendapat respon baik dari penonton karena perannya yang ikonis dan pembawaan pribadi Nandang yang menjiwai ketika berperan sebagai jawara.

“Dulu sebelum main film itu, saya cuma pekerja serabutan aja, sekarang juga masih begitu, tapi gara-gara film jawara itu kadang di jalan suka ada yang kenal eh ngajak foto. Ada yang jauh-jauh dari Tangerang juga nyari saya buat foto aja” ungkap Nandang, dalam diskusi Morning Tea Satu Banten News, Senin 5 Juli 2021.

Nandang Pamungkas (kiri) dalam diskusi Morning Tea Satu Banten News dipandu oleh host Agil Sbs. (foto : ysf)

Kehidupan Nandang berubah setelah film tersebut viral, terkadang dirinya diundang dalam berbagai acara, mengisi acara sebagai “Kang Jawara” menghibur warga Banten. “Pernah saya diundang acara selametan, diumumin bahwa mengundang Jawara Banten, itu semua warga banyak hadir, pengen tau Jawara Banten, pas saya tampil, itu yang nyawer banyak bener, saya juga kaget” ungkap Nandang.

lebih lanjut lagi Nandang bercerita bahwa dirinya sejak kecil memang suka main pencak silat. “Ya memang sedikitnya saya bisa pencak silat dan pernah belajar Debus makanya kadang suka diundang acara-acara selametan warga” jelasnya.

Selain pernah memerankan Jawara Banten, Nandang juga beberapa kali jadi talent dalam film-film pendek karya RG Kedung Kaban. “Terakhir Pak Nandang juga jadi talent difilm pendek edukasi anti korupsi, berjudul Korupsi Berakibat Kecelakaan yang juga meraih juara ke-tiga dalam Festival Video Edukasi KEMDIKBUD” ungkap Kedung Kaban yang juga menghadiri diskusi Morning Tea Satu Banten News.

“Sebenarnya saya berharap, terutama kepada Pemerintah Daerah, sosok seperti Pak Nandang ini diperhatikan, karena sudah dikenal secara ikonis sebagai ‘Kang Jawara’ yang merupakan ikon identitas warga Banten, bisa juga sebagai ikon pariwisata dan kebudayaan Banten” ujar RG Kedung Kaban. (sbs05)

You might also like
Comments
Loading...