Mendukung Tri Darma Perguruan Tinggi, UPI Kampus Serang Segera Bangun Gedung Baru

Serang (20/02/2020) SatuBanten.com – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang dicanangkan akan membangun gedung baru yang berlokasi di Lontar Tirtayasa dengan luas lahan 1,5 Hektar. Gedung ini nantinya akan digunakan untuk aktivitas mahasiswa jurusan Pendidikan Perikanan dan Kelautan (PKP).

Encep Supriatna selaku Wakil Direktur UPI Kampus Serang membenarkan hal tersebut, menurutnya bangunan tersebut nantinya akan digunakan untuk Laboratorium mahasiswa PKP.

“Rencananya nanti gedung baru yang di Lontar itu akan dijadikan tempat praktek, nanti disana mahasiswa juga bisa belajar cara budidaya ikan, penangkapan, pengolahan, pembenihan dan pemasaran,” ujarnya saat dihubungi wartawan SatuBanten News (SBS) melalui telepon.

Adapun alasan pemilihan lahan, menurutnya selain tempatnya tidak jauh dari kampus utama yaitu UPI Ciracas juga secara ekologis  disana memiliki makro, dekat dengan pulau-pulau kecil dan tidak berpotensi bencana alam seperti tsunami dan banjir.

“UPI kampus Serang ini kan salah satunya fokus pada kemaritiman atau kelautan perikanan, jadi gedung baru ini sebagai salah satu pendukung proses perkuliahan, akreditasi dan kami juga berkeinginan untuk mendirikan Laboratorium di dekat pesisir Pantai. Tapi baru tahap pembelian lahan belum sampai pada pembangunan,” kata Ferry Dwi Cahyadi Ketua Prodi PKP, saat diwawancarai diruangannya. Kamis, (20/02).

Selain itu juga untuk mendukung Tri Darma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat, dan untuk memberdayakan masyarakat sekitar terutama di wilayah pesisir Utara.

“Gedung ini nantinya akan multifungsi, selain untuk Lab juga akan ada asrama, ruang kelas, kemudian juga ada aula besar gunanya untuk pameran hasil produk-produk budidaya mahasiswa dengan masyarakat sekitar. Untuk kegiatan perkuliahan nanti di setting untuk beberapa semester mahasiswa menggunakan gedung disana (Lontar) tapi nanti tetap di UPI Ciracas juga digunakan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ferry menjelaskan akan melibatkan masyarakat dalam proses penelitian dan pengabdian. “Jadi misal kita akan lakukan budidaya ikan Bandeng, nah kami akan memberikan edukasi kepada masyarakat, nanti yang mengelola, pengawasan dan pemasaran itu masyarakat,” tuturnya.

Ia menegaskan bahwa saat ini baru pembelian lahan, untuk tahap pembangunan ditargetkan tahun 2020 sudah dimulai, akan tetapi untuk launching dan lain sebagainya masih menunggu dari UPI Pusat. Dan sebelum membeli lahan tersebut, pihaknya sudah melakukan audiensi dengan beberapa dinas seperti Dinas Kelautan Dan Perikanan (DPK), Dinas Pendidikan (Dindik) baik yang Kabupaten/kota dan provinsi.

“Kami (Kaprodi dan Lembaga) sudah membicarakan ini ya secara informal, bahwa kami akan membangun gedung di Lontar, tapi belum pada tahap MoU. Respon dari Dinas juga sangat mendukung sekali karena mereka juga punya program di pesisir Utara jadi di wilayah yang kami beli itu termasuk yang dilakukan rehabilitasi pesisir. Nah rencananya kami akan melakukan rehabilitasi di pesisir itu, kemudian juga ada praktek tambah garam,” pungkasnya.

Terakhir ia berharap terkait keberadaan Lab mendapatkan dukungan dari Pemprov, Pemkot maupun Pemkab dan juga dapat memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar dan juga untuk mendukung Tri Darma perguruan tinggi serta memajukan UPI Kampus Serang. (RR/SBS31)

Comments
Loading...