Mencicipi Nikmatnya Gipang Dari Singkong

Cilegon (19/06/2019), Satubanten.com – Salah satu makanan Khas Banten yang renyah, gurih dan legit yaitu Gipang. Makanan yang satu ini cukup populer dan digemari karena tekturnya yang kering dan tahan lama. Jadi bisa disimpan cukup lama untuk dikonsumsi bersama keluarga besar saat hari-hari istimewa.

Pada umumnya Gipang terbuat dari beras ketan putih atau beras ketan merah yang masak lalu dipadatkan. ketan yang sudah jadi ini dibentuk balok tipis lalu dikeringkan dengancara dijemur. Jipang yang sudah kering ini kemudian digoreng hingga matan dan kering.

Tidak sampai disitu, ketan yang sudah digoreng ini kemudian dilumuri dengan adonan selai kacang dibagian atasnya. Setelah selesai lalu adonannya dibiarkan hingga kering. Jika sudah benar-benar kering lalu dipotong dalam ukuran yang cukup kecil dan mudah untuk dimasukkan wadah toples.

Gipang berbahan Ketan seperti itu mungkin sudah biasa. Tapi bagaimana jika Gipang tidak terbuat dari Ketan melainkan dari Singkong?

“Nih cobain Gipang, tapi yang ini berbeda. Ini mah Gipangnya dari Singkong enggak dari Ketan,” tuturnya seraya menyodorkan Setoples Gipang pada diskusi, Rabu (19/06) di Saung Krakatu.

Eli mengatakan bahwa ada tren baru pengolahan pangan terutama dalam penggunaan Gipang. Upaya mengganti penggunaan Singkong sebagai bahan dasar pembuatan Gipang ini alternatifnya. Meurutnya degan menggunakan Singkong, biaya produksi Gipang menjadi lebih ekonimis. Walaupun begitu dari tinjauan nilai gizi, Singkong dan Beras Ketan tidak jauh berbeda.

“Kalau kita pakai beras ketan kan relatif mahal, nah kalau Singkong itu lebih murah terus mudah didapat. Lagian kalau kandungan karbohidratnya kan juga nggak jauh berbeda. Dari rasa juga sama, tetap enak dan renyah kan?” kata Eli.

Jika dilihat sekilas tektur Gipang berbahan singkong ini tidak jauh berbeda dengan tektur Gipang yang menggunakan Beras Ketan. Namun jika diamati lebih jeli, ada perbedaan mendasar pada tektur Singkongnya. Ada serat memanjang yang berbeda dengan tektur Gipang khas Beras ketan. Hal ini terjadi karean pada proses pembuatan Gipang Singkong, adonan Singkon terlebih dahulu dibuat tepung yang dibuat adonan. Prosesnya hampir mirip dengan pembuatan kerupuk.

Adonan Tepung Singkong ini dibuat dengan alur dan dibentuk menumpuk hingga berbentuk kubus. adonan ini lalu dikeringkan dan digoreng kering. Proses selanjutnya hampir sama dengan Gipang Beras ketan. Sebagai panganan pengganti, inovasi Gipang dengan Singkong ini adalah upaya yang pantas untuk kembangkan lebih lanjut. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...