Membidik Kota Industri Menjadi Kota Literasi

Cilegon (15/07/2019), Satubanten.com – Cilegon merupakan Kota Industri yang berada di ujung barat Pulau Jawa dan keberadaannya mengundang banyak kalangan untuk datang berinvestasi dan mengais rezeki. Tak terkecuali PT. Krakatau Steel yang merupakan Industri Baja terbesar se-Asia Tenggara yang notabene menjadi ikonnya Kota Cilegon sebagai Kota Baja.

Di kota ini terdapat banyak komunitas literasi, salah satunya adalah Forum Taman Bacaan Masyatakat atau yang lebih dikenal dengan sebutan Forum TBM. Forum TBM beranggotakan TBM yang tersebar di 8 kecamatan se-kota Cilegon dengan memiliki motto “Membidik Kota Industri Menjadi Kota Literasi”.

Baru-baru ini, Forum TBM Kota Cilegon menyelenggarakan diskusi literasi yang di kemas dalam bentuk bentuk riung literasi, Minggu, 14/07/2019. Kegiatan ini dilakukan di TBM Serambi Baca Mumu TB  binaan Ustadz Akhmad Zain (Abi Zen) yang beralamat di Link. Keserangan , Kelurahan Rawa Arum Kecamatan Gerogol Kota Cilegon.Tujuannya adalah untuk menjalin silaturahmi antar sesama TBM dan sharing mengenai pendidikan literasi di Kota Cilegon. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Forum TBM Kota Cilegon dengan Komunitas-komunitas di Kota Cilegon.

Pembicara pada Riung Literasi pada pertemuan yang kelima ini adalah Ismet El-Siruni (Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat Kota Cilegon), Ipmawan Hari Sanjaya (Founder Komunitas Jawara Membaca Cilegon), dan Dr. Tjahyo Suprajogo, M.Si (Dosen IPDN, Pendiri Komunitas Belajar Bengkel Kreasi dan Lembaga Manajemen dan Pengembangan SDM Titian Insan Cemerlang).

Kegiatan ini dibuka oleh Ismet El-Siruni selaku Ketua Forum TBM Kota Cilegon. Beliau memaparkan mengenai 6 literasi dasar, kondisi perkembangan literasi dan TBM di Kota Cilegon. Materi berikutnya oleh Ipmawan Hari Sanjaya atau yang biasa di sapa Ipan, selaku Founder Jawara Membaca Cilegon. Ipan memaparkan mengenai literasi digital, pengembangan komunitas di era digital dan sharing pengalaman membangun komunitas. Selanjutnya materi terakhir oleh Dr.Tjahyo Suprajogo, M.Si, selaku Dosen IPDN dan Pendiri KBBK dan LM-PSDM Pusat. Beliau memaparkan kondisi literasi di Indonesia, literasi budaya dan kewargaan, dan sharing pengalaman dalam membangun pemberdayaan masyarakat melalui literasi.

Kegiatan Riung Literasi #5 bukanlah diskusi terakhir, melainkan merupakan salah satu program unggulan secara kontinyu dalam rangkaian Road Show diskusi literasi yang diselenggarakan Forum TBM Cilegon ke titik-titik simpul gerakan literasi di 8 kecamatan se-Kota Cilegon. Adapun kegiatan tersebut berjalan dengan sukarela dan swadana. Namun tidak mengurangi semangat para relawan literasi dalam menggelorakan gerakan literasi di Kota Cilegon. (IBC/SBS032/RLS)

You might also like
Comments
Loading...