Melalui Pendekatan Aksi Nyata Bersama KKN Tematik 2019

Serang (26/6/2019) SatuBanten. News – Bersama KKN Tematik 2019 UPI Kampus Serang, yang bertempat di Kaujon Serang Banten. KKN Tematik Prokasih Cibanten ini akan berfokus pada pembinaan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan serta revitalisasi Sungai Cibanten. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa akan menggunakan tiga pendekatan, yakni aksi, edukasi, dan fasilitasi.

Mahasiswa KKN Tematik mengajak kepada masyarakat untuk peduli akan lingkungan yang mereka tempati, tempat tinggal warga disana berdekatan dengan Sungai Cibanten. Oleh karena itu harus adanya kesadaran dari warga disana untuk senantiasa menjaga sungai tersebut sehingga tetap lestari dan terhindar dari sampah-sampah, baik sampah dari pengendara yang lewat, bahkan dari warga yang bertempat tinggal di wilayah tersebut.

Sungai kali Cibanten sangat penting dirawat, karena dengan melihat sungai tersebut bersih, maka semua akan merasakan kenyamanan. Oleh karena itu kami dari Mahasiswi KKN Tematik Prokasih Bersih, mengajak warga disana untuk senantiasa peduli akan Lingkungannya. Adapun program KKN Tematik terdiri dari kegiatan untuk anak-anak dan orang dewasa.

1. Taman Baca
Belajar mata pelajaran umum, belajar mengaji, bermain (mendongeng, dll)

2. 3R (Reduce, Reuse, Recycle)
Dengan kegiatan bersama-sama membuat Air a. Peuyemisasi : Adalah proses pembuatan air tape di buat permentasi, sehingga air tersebut dapat bermanfaat menghilangkan bau, belatung dari sampah, yang nanti nya sampah tersebut akan dijadikan bahan bakar.
b. Memilah sampah organik, pembuatan
c. Echo Brick Batu bata ramah Lingkungan : Membuat Kerajinan dari botol plastik bekas, yang diisi oleh bekas sampah plastik. Dan bisa dijadikan kursi serta dihias dengan indah.

3. Terlibat dalam Organisasi Bank Sampah yang ditindak lanjuti oleh Dinas LH.

4. Terlibat dalam program Kali Bersih ( Prokasih ) Cibanten.

Budayakan menjaga Lingkungan, dengan pengolahan sampah sisa makanan. Baik itu Organik atau Anorganik akan bermanfaat untuk Lingkungan sekitar Kita. (RR/SBS31)

Penulis : Ismawati, Mahasiswi PGPAUD di UPI Kampus Serang

You might also like
Comments
Loading...