Melalui Masjid, UPZ Diharapkan Menjadi Jejaring Pengaman Sosial Umat

Tangerang (13/9/2019) Satubanten.com – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menegaskan, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang digagas Baznas bersama Pemerintah Kota Tangerang diharapkan hadir di seluruh rumah ibadah. Hal ini dikemukakan Walikota dalam kegiatan Workshop Nasional “Menggagas UPZ Masjid Sebagai Jejaring Pengaman Sosial Ekonomi Umat” di Gedung MUI Kota Tangerang.

“Ini untuk mempermudah masyarakat dalam menangani permasalahan sosial, karena tidak perlu jauh-jauh ke Baznas bila ingin bersedekah membantu sekitar lingkungan,” ucap Wali Kota dikutip humas Tangerang (13/9).

“Apalagi sistemnya sudah transparan, yang menerima bantuan pun jelas sehingga keamanan dari dana umat yang disalurkan betul-betul sampai pada mereka yang membutuhkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin yang didapuk menjadi salah satu narasumber menerangkan peningkatan potensi dana zakat, infaq, dan sodaqoh yang diterima Baznas tiap tahunnya.

“Alhamdulilah tercatat mulai dari tahun 2014 hingga 2018 pertumbuhan zakat di Kota Tangerang terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2018 misalnya, sudah mencapai angka 8,1 Miliar,” papar Wakil.

“Hal tersebut menggambarkan bahwa kedepannya tidak menutup kemungkinan bahwa penyebarluasan informasi dan pengembangan ekonomi bisa di mulai dari masjid-masjid sekitar kita,” pungkas Sachrudin.

Seperti diketahui, Wokshop Nasional tersebut menghadirkan narasumber diantaranya Faisal Qosim selaku Kepala Divisi Pengumpulan UPZ, M. Rosyidi perwakilan DKM Masjid Jogokarian Yogyakarta, dan H. Aslie Elhusyairi selaku Ketua Baznas Kota Tangerang (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...