Masyarakat Gugat Peternakan Ayam, Sekda: Posisi Pemkot Tidak Memihak Kepada Siapapun

Serang (23/01/2020) SatuBanten.com – Pemerintah kota (Pemkot) Serang memanggil para pengusaha ternak ayam yang berada di Kecamatan Curug untuk melakukan diskusi mengenai gugatan yang diajukan oleh masyarakat khususnya di lingkungan Tinggar. Kamis, (23/01).

Dalam diskusi tersebut, hadir sebanyak 11 orang pemilik peternakan ayam yang ada di Kecamatan Curug. Mereka menyampaikan keinginan untuk menjalankan usaha yang mereka lakukan sampai pada tahun 2030 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Serang, Tb. Urip Henus Surawardhana, mengatakan bahwa posisi Pemkot Serang tidak memihak kepada kedua belah pihak. Akan tetapi Pemkot Serang bertindak sebagai penengah, agar baik dari pengusaha ternak ayam maupun masyarakat, mendapatkan solusi yang menguntungkan.

“Kami berada di tengah. Ini ada tuntutan dari masyarakat agar dapat menutup kandang ayam karena menuding salah satu oknum pengusaha ternak ayam yang tidak memberikan kontribusi kepada masyarakat,” ujarnya.

Namun, Urip mengaku bahwa berdasarkan pengakuan dari para pengusaha ternak ayam, mereka telah memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar. Baik dengan pembangunan maupun mempekerjakan masyarakat sekitar.

“Bahkan akhirnya mereka (para pengusaha) bertanya, masyarakat yang mana yang menolak keberadaan peternakan ayam ini. Saya tidak menjawab, hanya saja kebetulan besok mereka yang menolak akan datang ke Pemkot Serang. Maka sekalian saja kami pertemukan,” tuturnya.

Ia membenarkan bahwa para pengusaha ternak ayam meminta agar usaha mereka dapat berjalan hingga 2030. Namun menurutnya, dengan adanya revisi RTRW di tahun 2020 ini maka seharusnya keinginan mereka sudah tidak dapat dikabulkan. Sementara untuk disinsentif, dimungkinkan untuk dilakukan.

“Revisi RTRW hanya menunggu bulan. Nanti ketika memang sudah turun revisi RTRW, maka pak Wali akan memberikan jangka waktu beberapa tahun agar mereka dapat segera pindah. Karena gak mungkin dong kandang ayam ini dipindahkan begitu saja,” tandasnya. (RR/SBS31)

Comments
Loading...