Masih Remaja Tapi Sudah Beruban, Ini Penyebabnya

Satubanten.com – Masih muda sudah tumbuh uban di kepala? Tentu bukan hal yang menyenangkan. Kenali penyebabnya, dan cari solusi terbaik agar uban tak makin banyak.

Ingin tahu apa saja penyebab munculnya uban diusia dini? Berikut diantaranya:

  • Kelainan kelenjar tiroid
    Penelitian yang diadakan oleh Universitas Michigan mengatakan bahwa kelainan di kelenjar tiroid bisa memicu ketidakseimbangan hormon. Jika terhadi hipotiroid, maka uban akan muncul walau usia Anda masih muda.
  • Kurang vitamin
    Kurang vitamin B dapat menyebabkan terjadinya gangguan pigmen di rambut. Akibatnya, pigmen warna hitam menjadi berkurang dan menyebabkan rambut berubah menjadi putih.
  • Keturunan
    Gen yang membuat sel-sel rambut memproduksi warna atau pigmen dipengaruhi pula oleh faktor bawaan atau keturunan. Jika pada garis keturunan Anda terdapat orang-orang dengan usia muda namun beruban, maka ada kemungkinan Anda juga mengalaminya.
  • Kurangnya sebum
    Sebum adalah zat yang berfungsi melembabkan rambut. Jika Kekurangan zat ini, maka rambut akan berubah kering dan berubah warna menjadi putih atau abu-abu.
  • Rokok dan alkohol
    Kedua hal ini adalah salah satu pemicu munculnya uban pada remaja. Jadi sebisa mungkin, remaja tak menyentuh rokok serta alkohol. (B02)

 

You might also like
Comments
Loading...