Masa Pandemi, Japan Airliens Alihtugaskan Pramugari Jadi Penjaga Kuil

Tokyo, Satubanten.com – Pandemi Covid-19 menyebabkan industri penerbangan terus merugi. Salah satunya adalah Japan Airlines yang akhirnya memindahtugaskan sebagian pramugari menjadi penjaga kuil pada awal Januari 2021.

Dilansir dari SoraNews24, Senin (4/1/2021), Japan Airlines memiliki kelebihan pramugari untuk menangani beban kerja yang berkurang drastis.

Pihak maskapai plat merah Jepang ini menugaskan ulang pramugari untuk sementara waktu bekerja sebagai miko atau penjaga kuil Shinto.

Japan Airlines mengambil langkah ini didasari banyaknya rute internasional ditutup ke Jepang. Kondisi semakin diperburuk oleh minat wisatawan asing yang menyusut. Alhasil, pendapatan industri maskapai yang dikenal dengan sebutan JAL ini menurun.

Pada awal minggu kemarin, sejumlah staf Japan Airlines Fukuoka menjalani pelatihan sebagai miko di kuil Munakata Taisha di Kota Munakata, Prefektur Fukuoka.

Meskipun menjadi penjaga kuil, pramugari tidak memerlukan pengambilan sumpah jangka panjang seperti biarawati. Pekerjaan ini cukup membutuhkan pengetahuan tentang kosakata dan etika khusus.

Mereka bekerja mulai Januari 2021 di Kuil Munakata Taisha. Di sana, orang Jepang secara tradisional mengunjungi kuil pada awal Tahun Baru.

Pengunjung berdoa untuk kesehatan dan kemakmuran pada bulan-bulan mendatang. Banyak juga yang membeli benda keberuntungan dan dekorasi rumah, seperti omamori, hamaya, dan fukusasa, yaitu jimat keberuntungan berbentuk kantong kain, panah, atau cabang bambu.

Pada momen inilah, para pramugari yang bertugas sebagai miko akan diuji dalam membantu para peziarah. Profesi keduanya tidak jauh berbeda, sama-sama memberikan pelayanan dan jasa. Pihak JAL dan kuil Munakata Taisha mengharapkan sinergi yang baik dan kesempatan untuk saling belajar.

Adapun pengalihan tugas bagi pramugari maskapai JAL tidak berlaku selamanya. Miko JAL akan bekerja di kuil Munakata Taisha dalam waktu kerja tertentu. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...