Masa Kecil Syekh Nawawi Al-Bantani, Ulama Indonesia Dari Banten

Serang (02/06/2021) satubanten.com – Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah al-Mu’thi Muhammad Nawawi bin Umar al-Tanari al-Bantani al-Jawi, lahir di Tanara, Serang, 1230 H/1813 M – meninggal di Mekkah, Hijaz 1314 H/1897 M) adalah seorang ulama Indonesia bertaraf Internasional yang menjadi Imam Masjidil Haram.

Ia bergelar al-Bantani karena berasal dari Banten, Indonesia. Masa kecil ulama nusantara Banten ini merupakan anak yang cerdas dan tekun dalam menuntut ilmu agama.

KH Umar bin Arabi merupakan ayah kandungnya yang pertama kali mengajarkan ia belajar agama sebelum akhirnya ia pergi ke tanah suci untuk belajar dasar-dasar agama Islam kepada Haji Sahal dan Raden Haji Yusuf.

Muhammad Nawawi terinspirasi dari perkataan Imam Syafi’i untuk bepergian menuntut ilmu. Nawawi pun bertolak ke Makkah setelah bertahan 2 tahun pulang menggantikan posisi ayahnya menjadi pemimpin pondok pesantren di Tanara.

Selama ini Muhammad Nawawi banyak berguru dengan imam-imam besar seperti Imam Masjid al-Haram Syekh Ahmad Khatib Sambas, Abdul Ghani Bima, Yusuf Sumbulaweni, Syekh Nahrawi, dan Syekh Ahmad Dimyati.

Guru-gurunya yang lain adalah Ahmad Zaini Dahlan, Muhammad Khatib Hambali, dan Syekh Abdul Hamid Daghestani. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...